Tatong Launching UMKM Center Kotamobagu

0
25
LAUNCHING: Wali Kota Ir Hj Tatong Bara memberikan sambutan saat launching UMKM Center. (F: ISTIMEWA)

Klik24.id, KOTAMOBAGU – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Center Kotamobagu, resmi dilaunching oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, di Aula Rudis Wali Kota, Rabu (1/9).

Walikota Tatong Bara mengatakan, UMKM Center diharapkan dapat mengorganisir dan mengukur tingkat pertumbuhan atau kemajuan UMKM yang ada di Kotamobagu. Terlebih disektor akses pendanaan yang baik, UMKM Center ini dimaksud bisa mengontrol dan menghimpun secara baik, serta dapat menkaferisasi mana UMKM yang maju dan mana UMKM yang tidak maju, kemudian kita bentuk bersama.

“Ditengah pandemi saat ini, tugas yang dijalankan ini sangat tepat dan diperiode tahun sebelumnya UMKM 3.700 diberikan izin dengan gratis oleh pemerintah daerah yang kemudian dikontrol oleh pemerintah. Alhamdullilah berkat inovasi oleh Rafiqa Bora insyaallah bisa mendapatkan informasi yang baik terutama pada perbankan, untuk bisa memberikan akses pendanaan yang baik kepada UMKM yang ada di Kotamobagu. Alhamdulilah UMKM Kotamobagu bertumbuh dengan baik. Isnyaallah tidak ada lagi UMKM yang tidak maju, terutama tidak mendapatkan kepercayaan dari perbankan dalam mendapatkan anggaran,” jelas Tatong.

Sementara itu, Asisten II Setda Kotamobagu, Sitti Rafiqah Bora menambahkan, sebagai Ketua Tim Koordinasi UMKM Center kota Kotamobagu, UMKM Center merupakan wadah berhimpun seluruh UMKM di wilayah Kota Kotamobagu. Database seluruh UMKM di Kotamobagu tersedia pada UMKM Center, sehingga dalam pemberian bantuan baik dari pihak pemerintah maupun dari luar pemerintah tidak ada lagi yang tumpang tindih.

“Dengan adanya data center ini memudahkan pihak perbankan untuk memberikan bantuan. Baik pelatihan ataupun modal usaha, karena sudah ada tersedia klasifikasi dari UMKM Center itu sendiri,” ujarnya.

Lebih lanjut, kehadiran UMKM Center juga sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi sekarang ini.

“Kota Kotamobagu kita mulai dengan membentuk UMKM Center sebagai wadah untuk meningkatkan kualitas dan kuantintas daripada UMKM yang ada di Kotamobagu,” ujarnya.

Saat ini tercatat ada 7.547 UMKM di Kotamobagu. Namun yang tersentuh atau dapat intervensi bantuan dari pemerintah baru sekira 3.000-an. (tr-1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.