Tatong Bara Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya

0
64

KLIK24.ID — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menggelar focus group discussion (FGD) tentang penyusunan pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) di Gedung Bontean, Kantor Desa Bilalang 1, Selasa (06/04/2021).

Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sitti Rafiqah Bora mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya yang ada. Karena, budaya adalah identitas sekaligus jati diri masyarakat Kotamobagu khususnya dan Bolaang Mongondow umumnya.

“Kita semua menyadari bersama bahwa melestarikan budaya merupakan sebuah wujud serta bentuk penghargaan akan kecintaan kita terhadap budaya warisan leluhur,” kata Tatong Bara.

Menurutnya, pelestarian budaya yang merupakan warisan leluhur bukan hanya tanggung jawab dari pemerintah Daerah. Tapi, semua pihak termasuk masyarakat yang ada di daerah ini.

“Sehingga pada hakikatnya pelestarian adat seni dan budaya bukan hanya tanggungjawab dari pemerintah. Namun sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak. Termasuk para seniman budayawan maupun masyarakat umum yang ada,” sambung Srikandi Kotamobagu ini.

Kata Tatong, hal ini perlu diingatkan karena pelestarian seni dan budaya merupakan hal yang sangat penting. Mengingat selain warisan yang sangat berharga bagi para generasi yang akan datang, kebudayaan yang kita miliki merupakan ajang promosi daerah melalui kegiatan pementasan seni dan budaya daerah baik dalam daerah, provinsi maupun tingkat nasional.

“Keharusan bagi kita untuk dapat mempertahankan, melestarikan bahkan mengembangkan adat budaya yang dapat dirasakan langsung serta dapat memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat. Saya juga berharap agar kiranya pelaksanaan fgd dalam rangka penyusunan dokumen pokok pikiran kebudayaan daerah akan membawa dampak positif khususnya dalam rangka memajukan kebudayaan di daerah,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.