Tak Menularkan Virus, Jangan Tolak Pemakaman Jenazah PDP Corona

0
166
SESUAI PROTOKOL: Proses pemakaman korban meninggal positif corona di Desa Mopuya, Dumoga Utara, Bolmong, Jumat (10/4) lalu. (foto: istimewa))

KLIK24.ID – Pemakaman terhadap pasien dalam pengawasan (PDP) covid-19 yang ditolak oleh warga Mopuya mendapat tanggapan dari Pemerintah Kabupaten Bolmong. Melalui juru bicara Pemkab Bolmong Parman Ginano mengatakan bahwa pemerintah prihatin melihat jenazah yang dimakam harus ditolak. Sebab, dimasa sulit seperti ini, alangkah baiknya bila saling membantu dan memberi dukungan, bukan menambah kesedihan keluarga yang ditinggalkan.

Untuk itu, Pemkab menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan tidak melakukan aksi terhadap pemakaman jenazah yang berstatus PDP covid-19, karena proses pemakaman telah sesuai SOP. “Petugas kesehatan telah memperlakukan jenazah sesuai protokol guideline dari Kemendes, Kemenag dan MUI. Jadi, jenazah harus diperlakukan dengan baik dan dikubur dengan penghormatan serta penghargaan,” ungkapnya.

Lanjutnya, atas kejadian tersebut, para Camat, Lurah dan Kepala desa agar memberikan edukasi (Pemahaman) kepada masyarakat, jika ada korban meninggal dunia karena berstatus PDP maupun positif covid-19 agar tidak ditolak. Sebab, hingga kini tidak ada laporan dari negara manapun mengenai kasus penularan virus corona melalui jenazah. “Justru yang berpotensi menjadi tempat penyebaran virus corona yakni membuat kerumunan orang di jalan. Untuk itu, masyarakat perlu di edukasi dan diberikan pemahaman pencegahan covid-19 ini,” pungkasnya. (chm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.