Heboh Telur Obat Corona. Ini Faktanya

0
heboh telur obat corona

KLIK24.ID – Masyarakat Bolmong Raya (BMR) dihebohkan kabar makan telur rebus dapat menangkal virus Corona (Covid-19). Makan telur rebus diharuskan sebelum jelang tengah malam (jam 12.00 malam). Tak hanya warga BMR, kabar makan telur rebus sebagai penangkal Corona juga menjadi viral di daerah lainnya.

Setelah ditelusuri, berita soal bayi baru lahir bisa bicara itu mulai menyebar pada Rabu (25/3). Rumor ini berawal dari status facebook beberapa nitizen yang kemudian dibagikan. Dalam status tersebut menyebutkan bahwa seseorang anak yang baru lahir dan langsung berbicara menjelaskan cara mencegah virus Corona. Anak yang berbicara tersebut mengatakan bahwa obat pencegah terinfeksi Virus Corona ialah memakan sebutir telur yang direbus.

Berikut ini narasi pesan yang beredar di media sosial:

assalamualaikum

ini ada kejadian aneh .. ada anak baru lahir beberapa jam lalu langsung bicara..

dia bilang klw seblum jm 12 harus makn telur rebus untuk menangkal virus ini….

skrg sdh viral..

Banyak orang tampaknya mempercayai rumor tersebut. Mereka mengunggah foto sedang memasak telur ke media sosial.

Bukan hanya di Bolmong, kabar ini juga heboh di Gorontalo, Maluku bahkan Ambon. Informasi tersebut dinyatakan tidak benar atau hoax, karena belum ada keterangan dari pihak medis bahwa telur rebus bisa menjadi penangkal Covid-19.

Juru bicara Pemerintah pusat untuk penanganan virus Corona (COVID-19), Achamad Yurianto meminta kepada masyarakat untuk tidak mempercayai berita hoaks. Menurutnya, cara yang paling efektif mencegah penyebaran Corona adalah social distancing atau membatasi diri untuk tidak keluar rumah, serta menjaga pola hidup sehat. “Sosial Distancing ini adalah cara yang paling efektif untuk mencegah penularan dari seseorang,” kata Yuri.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.