Roling Pejabat, Rekomendasi KASN Bakal Turun Pekan Ini

0
17
Umarudin Amba (Kepala BKPP Bolmong)

Klik24.id, BOLMONG – Wacana Rolling bagi pejabat dilingkup Pemkab Bolmong bukan kali ini. Sebelumnya, mutasi pejabat eselon II hingga Kepala Sekolah (Kepsek) berhembus kencang pada Juli hingga Agustus lalu. Namun, hingga bulan September rolling pejabat belum nampak jelas. Hal ini menandakan rolling bakal tidak digelar, yang ada hanya pengisian Pejabat pelaksana tugas (Plt).

Kendati begitu informasi yang didapat koran ini, rolling pejabat tinggal menunggu waktu. Pasalnya, Pemerintah Daerah Bolmong tinggal melalukan konsultasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Konsultasi tersebut terkait rekomendasi pelantikan bagi pejabat eselon II. “Mudah-mudahan minggu ini rekomendasi KASN sudah ada,” kata Kepala BKPP Umarudin Amba, Senin (20/9).

Lanjutnya, saat ini pihaknya berada di KASN untuk mendapat persetujuan rolling pejabat eselon dua Pemkab Bolmong. “Paling lambat pekan ini. Bisa esok, lusa atau minggu depan,” ungkapnya.

Sebab menurutnya, pengurusan rekomendasi pelantikan ke KASN memakan waktu hingga satu minggu. “Jadi, kemungkinan akhir bulan ini rolling dilaksanakan,” tuturnya.

Sebelumnya, Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow memberikan sinyal, untuk 13 jabatan yang dilelang akan diisi wajah baru.

“Rolling kali ini akan diisi anak-anak muda. Disamping memiliki prestasi, juga memiliki integritas dan loyalitas. Orang-orang muda akan mengisi jabatan eselon dua,” ungkap Bupati beberapa waktu lalu. Bupati menjelaskan, rolling jabatan dilakukan berdasarkan hasil asesmen. Hasil tiga besar sudah diberikan oleh asesor.

Dari sisi asesor sudah memberi nilai yang diberikan. Namun, dari sisi integritas dan loyalitas itu ada penilaian sendiri. “Dari sisi integritas dan loyalitas saya yang menilai,” ucapnya.

Sementara jabatan Kepala Sekolah, menurut Kepala Dinas Pendidikan Renti Mokoginta, pihaknya juga akan melakukan roling kepala sekolah dalam waktu dekat. Roling tersebut juga dalam rangka pengisian jabatan kosong setelah beberapa kepala sekolah memasuki masa pensiun.“Usulan roling sudah disusun dan telah diserahkan ke Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bolmong,” kata Renti.

Renti menjelaskan rolling kepala sekolah sudah menjadi kebutuhan untuk menjalankan roda organisasi di satuan pendidikan. Apalagi kata Renti, saat ini akan memulai tahun ajaran baru. Sehingga pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di SD dan SMP dibutuhkan manajemen yang efektif.  “Sebagian besar ASN yang menjabat Kepala Sekolah telah memasuki masa pensiun. Mulai September ini hingga Desember mendatang. Sehingga jabatan tersebut akan diisi,” pungkasnya. (*/tr-1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.