Respon Cepat, Mensos Risma Turun Pastikan Korban Banjir Batu Merah  

0
15
Mensos Risma menyerahkan bantuan kepada korban banjir bandang Desa Batu merah. (F : Biro Humas Kemensos RI)

Klik24.id, BOLMONG – Meski dalam kondis hujan, namun tidak menyurutkan keinginan orang nomor satu di Kementerian Sosial (Kemensos) RI Tri Rismaharini, untuk memastikan kondisi korban bencana banjir bandang di Desa Batu Merah, Santombolang, Bolmong, Uslawesi Utara.

Mantan Wali Kota Surabaya ini untuk berkunjung ke daerah yang sering dilanda bencana. Risma sapaannya, datang untuk melihat keadaan masyarakat Desa Batu Merah, Kecamatan Sang Tombolang yang terdampak Banjir Bandang belum lama ini. Mensos Risma didampingi langsung oleh Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Risma tiba sekira pukul 18.00 WITA, setelah menempuh perjalanan darat sekitar empat jam dari kunjungan kerja di Provinsi Gorontalo. Tiba di lokasi Mensos langsung menuju titik-titik terdampak bencana. Mensos melintasi sisa jalur banjir yang masih becek dan melihat rumah yang rusak parah persis di bawah lereng bukit. Titik pengamatan bergeser ke pinggir sungai untuk melihat kerusakan jembatan.

Selama melakukan pengamatan, Mensos dan rombongan menyaksikan adanya potongan kayu dan pohon yang sebagian masih tersangkut di mulut jembatan. Mensos mendapatkan laporan bahwa sisa pepohonan tersebut merupakan dampak penebangan pohon yang kurang terkendali dari atas bukit.

Dalam pernyataannya kepada media, Mensos menyampaikan himbauan kepada semua pihak untuk bersama-sama menjaga lingkungan. Tindakan merusak lingkungan hanya akan mengakibatkan bencana bagi masyarakat. “Ya, ini harus kita lakukan bersama-sama. Menjaga lingkungan merupakan tugas bersama, baik pemerintah maupun masyarakat,” kata Mensos.

Untuk perbaikan kerusakan rumah warga, Kemensos mengalokasikan anggaran. Namun Mensos masih akan menunggu data  dari pemerintah daerah. Mensos juga menyapa anak-anak di tenda Layanan Dukungan Psikososial (LDP).

Ia meminta, anak-anak tetap semangat dan tidak lupa belajar. “Tetap semangat ya. Jangan lupa belajar supaya menjadi anak pinter,” kata Mensos sambil membagikan paket makanan anak. Mensos juga menyapa sebagian warga yang ditemui dan meminta mereka bersabar atas bencana yang terjadi. “Tetap sabar ya. Dan terus berdoa semoga kondisi segera pulih seperti sedia kala,” katanya.

Ia juga menyerahkan sejumlah bantuan seperti kasur, dan sembako kepada warga yang terdampak banjir. Setelah itu, Risma juga membagikan Snack kepada anak-anak desa Batu Merah, yang sedang ikut trauma healing. Tak hanya itu, Risma memberikan bantuan kepada masyarakat yang sudah tak bisa berjalan di lokasi tersebut.

Disela-sela itu, Bupati Yasti juga melaporkan kondisi terkini situasi pengungsi yang saat ini sudah baru menerima bantuan berupa makanan, hingga pakaian. Sembari menambahkan, bahwa Bupati Yasti sudah melaporkan akan merelokasi rumah warga yang terdampak banjir bandang. “Nanti pembangunannya kami akan bantu dana 20 juta sesuai standar Kementrian Sosial,” tutur Risma.

Tak hanya itu, Mensos Risma juga mengapresasi langkah Bupati Yasti yang bekerja sama dengan Dandim 1303 dan Polres Bolmong yang membantu pembangunan rumah warga. “Saya apresiasi langkah Bupati yang akan bekerja sama dengan Dandim dan Polres yang akan membantu pembangunan rumah warga yang rusak,”kata Risma.

Sementara itu, Bupati Yasti mengucapkan terima kasih atas perhatian Mensos Tri Rismaharini yang langsung turun ke lokasi bencana di wilayah Bolmong. Sebab menurutnya, selain telah memberikan bantuan, kunjungan ini sebagai bentuk motivasi kepada pemerintah daerah khususnya bagi warga korban banjir bandang di Desa Batu Merah.

”Ini wujud kepedulian Ibu Menteri kepada Bolmong yang diterpa bencana, semoga dengan kedatangan ibu menteri kondisi wilayah Bolmong khususnya masyarakat terdampak segera teratasi melalui program bantuan,”Pungkas Bupati Yasti. (*/dim)

Bantuan Kemensos untuk penyintas banjir :

  1.  berupa tenda serba guna warna merah putih 1 unit
  2.  makanan siap saji 120 paket / 10 dus
  3.  makanan anak 120 paket / 20 dus
  4.  Selimut 100 lembar
  5. Kids ware10 paket
  6. Family kit50 paket
  7. Foodware5 paket
  8.  Tenda gulung 100 lembar
  9.  Perlengkapan dapur 35 paket
  10.  Matras 50 lembar
  11. Kasur lipat 20 lembar
  12. Beras reguler 1 ton

Total nilai bantuan : Rp146.772.700

Sumber : Kemensos RI

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.