Bawaslu Kotamobagu Walk Out Dalam Rapat Pleno Terbuka

0
Suasana Rapat Pleno KPU Kotamobagu bersama Bawaslu serta PPK se Kotamobagu. (F: ISTIMEWA)

KLIK24.ID — Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu yang dihadiri oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kotamobagu dan Utusan Partai Politik se Kota Kotamobagu berlangsung alot, Kamis (10/9).

Pasalnya, saat pleno dibuka oleh Ketua KPU Kotamobagu Iwan H. Manoppo, Bawaslu Kota Kotamobagu melalui Koordinator Pengawasan, Humas dan Hubal Bapak Ivan Tandayu S. Pd. MM kepada wartawan langsung menanggapi  “Kita harus menyamakan persepsi terkait dengan peraturan yang digunakan saat pencocokan dan penelitian (Coklit) dan proses penyusunan DPHP di tingkatan Desa/Kelurahan dan kecamatan, apakah PKPU No 6 Tahun 2020 atau PKPU 19 Tahun 2019 atau masih digunakan keduanya?  Tanya Ivan.

Kemudian langsung ditanggapi oleh Kepala Divisi Hukum KPU kotamobagu Bapak Adrian Herdi Dayoh, ia mengatakan “Masih menggunakan kedua peraturan tersebut” tegas Dayoh.

Koordinator Divisi Hukum, Penindakan, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Bawaslu Kotamobagu Bapak Mishart A. Manoppo SE, mempertanyakan terkait PKPU 19 Tahun 2019 Pasal 12 ayat (2) tentang “PPS menyampaikan Daftar Pemilih sebagaimana ayat (1) kepada PPK,PPL, KPU/KPI Kab/Kota dalam bentuk Hardcopy dan Softcopy,”.7Berdasarkan hal tersebut pengawas Kelurahan/desa (PKD) tidak menerima daftar pemilih yang dimaksud baik pleno ditingkat PPS maupun Panwascam pleno ditingkat PPK. Kemudian KPU berdalih Jika data DPHP merupakan data pribadi yang harus dilindungi sesuai Undang Undang Administrasi kependudukan.

Persoalan tersebut terus diperdebatkan hingga pukul 15.00 Wita.Bawaslu meminta kepada KPU untuk menunda pleno DPHP agar bisa dikonsultasikan kejenjang yang lebih tinggi.”Alangkah baiknya persoalan ini dikonsultasikan ke KPU propinsi”tegas Ketua Bawaslu Kotamobagu Dr. Musly L. Mokoginta SH MH.

Namun,Rapat pleno tersebut yang dipimpin Ketua KPU Kotamobagu Iwan H. Manoppo terus dilanjutkan. Untuk itu Bawaslu Kotamobagu memilih walk out yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu Kotamobagu Dr. Musly L. Mokoginta SH MH. (mg44)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.