PETI Potolo Libatkan Perwira Berpangkat Tinggi?

0
91
MIRIS : Aktivitas di lokasi PETI Potolo, Desa Tanoyan Selatan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. (F Istimewa)

KOTAMOBAGU – Lokasi Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) Potolo, Desa Tanoyan Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara, sulit diberantas dengan aturan.

Salah satu pertambangan ilegal yang kini beroperasi besar-besaran, disinyalir melibatkan oknum aparat penegak hukum berpangkat tinggi yang harusnya turut menertibkan, justru memuluskan aktivitas pertambangan.

Baca Juga : Diduga Ada ‘Bekingan’ Kuat PETI Potolo

Mengandalkan kekuatan oknum aparat penegak hukum, para pemodal tambang melenggang dengan nyaman tanpa rasa takut beroperasi di lokasi PETI Potolo.

Salah satu sumber klik24.id mengatakan, tambang lokasi Potolo terus beraktivitas. Para pengelolah tambang memiliki jaringan  aparat berpangkat tinggi. “Saya tau siapa-siapa yang beraktivitas di lokasi Potolo. Mereka punya bekingan yang kuat,” kata sumber.

Sumber pun menyebutkan, beberapa pelaku yang kerap beraktivitas di lokasi PETI Potolo. “Sandra dan Nada juga John. Mereka menurunkan alat berat (Ekscavator). Alat tersebut sudah lama beroperasi,” tuturnya.

Baca Juga :Jatam: Melawan Mafia PETI di BMR Harus Tegas

Ditanya lagi siapa bekingan para bos tambang itu. Ia pun enggan membeberkan. Takutnya kata dia, akan dicari dan ditahan. “Yang jelas mereka punya jaringan sampai ke perwira tinggi,” bebernya.

Sebelumnya, Asisten Dua Sekda Bolmong, Zainudin Paputungan mengatakan, pemerintah daerah tidak akan membiarkan begitu saja. Meski dokumen pengurusan izin menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemrov) namun lokasi  berada dalam wilayah Bolmong. “Jelas kami melarang. Yang namanya tidak ada izin itu dilarang. Sehingga itu, kami meminta pihak aparat penegak hukum kepolisian untuk segera menertibkan lokasi tambang tersebut,” ujar Paputungan.

Baca Juga :Sulit Dikendalikaan, Pertambangan Ilegal Potolo Sarang Mafia

Lanjut Zainudin, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan pemerintah desa, terkait tambang illegal di Tanoyan Selatan. “Ya, kita akan cek lagi. Apalagi ini sudah ada keluhan yang masuk, sehingga perlu untuk ditindaklanjuti,” pungkasnya. (*/dim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.