Penderita AIDS di Kotamobagu Meningkat

0
3541
Vonny Kawuwung

KLIK24.ID — Hingga Agustus 2019 penderita penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV) AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) mencapai 94 kasus. Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasie) pencegahan dan penanggulangan penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Vonny Kawuwung. Menurut Vonny, dari 94 kasus yang terjadi dari 2014 sampai dengan 2019 ini, ada 6 orang penderita yang meninggal dunia. “94 kasus HIV AIDS. Dari tahun 2014 sampai 2019 94 kasus. Yang meninggal 6 orang. Sisa 88,” kata Vonny, kemarin.

Vonny mengatakan, dibandingkan dengan tahun sebelumnya 2018, ditahun 2019 ini ada peningkatan penderita HIV Aids. Dimana, ada dua kasus yang berasal dari luar wilayah Kotamobagu. “Tahun lalu cuma 6 kasus yang terjadi di periode dari Januari hingga Agustus. Nah, ditahun ini periode yang sama sudah terjadi 14 kasus. 12 kasus di Kotamobagu, 2 kasus di luar wilayah Kotamobagu,” ujarnya.

Ia mengaku, seluruh kasus penderita HIV Aids yang terjadi di Kotamobagu, diketahui melalui kerja sama yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama dengan rumah sakit dan dokter praktek yang ada diwilayah BMR ini. “Kita kerja sama dengan rumah sakit, dokter praktek swasta dan puskesmas. Sosialisasi juga kita lakukan. Sebenarnya dampak ini impact dari kita gencar sosialisasi 3 tahun terakhir. Jadi masyarakat tahu mau kemana akan konsultasi,” tandasnya. (mg41)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.