Bukan Galatasaray, Fenerbahce, dan Besiktas Tapi Istanbul Basaksehir Juara Liga Turki

0

Perayaan juara Istanbul Basaksehir (Foto twitter Istanbul Basaksehir)

KLIK24.ID- Liga Super Turki selalu didominasi oleh tiga nama besar dari kota Istanbul yakni Fenerbahce, Galatasary dan Besiktas dalam sejarah liga negara tersebut.

Sejak era super liga pada tahun 1959, Galatasaray merajai dengan 22 gelar juara, lalu ada Fenerbahçe (19 kali juara) dan Beşiktaş 15 kali. Hanya ada Trabzonspor dan Bursaspor yang pernah merusak dominasi tiga klub Istanbul tersebut.

Kemenangan terakhir dari klub luar Istanbul adalah pada musim 2009–10, saat Bursaspor mengklaim titel juara. Setelah itu Galatasaray dan Fenerbahce bergantian menjadi juara domestik hingga terhenti pada musim 2019-20 ini.

Klub Istanbul lainnya yakni Basaksehir sukses mengklaim gelar juara musim ini, usai meraih kemenangan atas Kayserispor semalam.

Gol di babak pertama dari Mahmut Tekdemir terbukti cukup bagi Basaksehir membungkus gelar liga dengan sisa satu pertandingan musim ini.

Mantan striker Chelsea Demba Ba, mantan bek Liverpool Martin Skrtel serta mantan bek Manchester City Gael Clichy semuanya bermain di Basaksehir. Mereka pada musim ini diasuh oleh mantan pemain Turki, Okan Buruk.

Nama-nama mentereng lain yang membela Basaksehir musim ini adalah Gökhan İnler (mantan pemain Napoli) dan juga mantan pemain timnas Belanda, Eljero Elia dan Robinho.

Basaksehir telah menjadi runner-up di liga pada dua kesempatan di musim 2016–17 dan juga 2018-19. Musim lalu mereka memimpin dengan empat pertandingan tersisa sebelum goyah dan disalip oleh Galatasaray.

Basaksehir didirikan pada tahun 1990 sebagai tim amatir dan tampil di kasta tertinggi sepak bola Turki pada tahun 2007. Mereka diambil alih pada tahun 2014 oleh sekelompok pengusaha yang dekat dengan partai berkuasa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Mereka memiliki investasi besar dengan membangun stadion baru dan mendatangkan nama-nama besar, termasuk mantan pemain Manchester City dan pemain depan Brasil Robinho.

Musim ini Basaksehir tampil di Liga Europa dan jika lolos dari babak 16 besar mereka akan bertemu Manchester United.

Sumber : Bolalob.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.