Mulai Saling Klaim, Agustus Pendaftaran Calon Sangadi Dibuka

0
84
Isnaidin Mamonto

KLIK24.ID – Meski pendaftaran calon sangadi akan bergulir Agustus mendatang, namun tensi politik di desa mulai panas. Buktinya, para warga memunculkan gerbong hingga udah saling klaim figur calon sangadi. Selain mulai hangat diperdebatkan, media sosial (Medsos) yakni Facebook jadi pilihan utama warga untuk mempromosikan calon nomor satu di desa. Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow meminta kepada warga masyarakat Bolmong untuk tetap akur dan jangan mudah terpecah belah. Soal beda pilihan dalam berdemokrasi kata Yasti, itu hal yang biasa namun tetap menjaga persatuan dan persaudaraan.“Pemilihan sangadi ini saya mengajak masyarakat untuk tetap akur dan dapat mensuseskan pilsang. Jangan tersekte-sekte, masyarakat harus bersatu membangun desa,” ujar Yasti, beberapa waktu lalu.

Disisi lain, orang nomor satu di Bolmong ini meminta, sangadi yang kembali maju untuk jangan menggunakan dana desa dalam pencalonan. Sebab,  dana desa dengan berbagai bentuknya bukan milik pribadi atau perorangan melainkan faktor penunjang untuk mengurangi angka kemiskinan di Bolmong. “Jadi, saya ingatkan jangan menggunakan dana desa untuk pencalonan sangadi. Ini akan menjadi pintu masuk aparat  hukum masuk di desa,” tuturnya.

KLIK JUGA: Camat Passi Barat: BUMDes Harus Jawab Harapan

Terpisah, Kadis DPMD Ahmad Yani Damopolii melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Pengembangan Desa, Isnaidin Mamonto mengatakan, untuk pendaftaran calon sangadi tahapannya akan digelar bulan depan (Agustus). Sementara proses pemilihan sangadi akan dilakukan secara serentak November mendatang. “Iya, hari H pencoblosan direncanakan pertengahan bulan November tahun ini,” katanya.

Lanjut dikatakannya, pelaksanaan pilsang akan diawali pembentukan panitia pilsang oleh Badan Pemusyawaratan Desa (BPD)  setempat. Usai dibentuk oleh BPD,  panitia pilsang menentukan struktur panitia dan BPD akan melakasanakan pelantikan panitia pilsang. “Jumlah panitia pilsang sekitar 8 orang. Mereka juga yang nantinya akan menentukan siapa ketua, sekertaris dan bendahara panitia pilsang di desa masing-masing,”ungkap bekas komisioner KPU Bolmong ini. Sembari menambahkan, usai resmi dibentuk panitia pilsang, pihaknyaakan melaksanakan bimbingan teknik (Bimtek), kepada panitia pilsang. Agar panitia pilsang nanti dapat mengetahui mekanisme atau alur dalam pemilihan sangadi. “Jadi akhir bulan ini digelar Bimtek,” tuturnya.  (cip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.