Masyarakat Diimbau Patuhi Prokes

0
23
Sande Dodo

KOTAMOBAGU – Pemkot Kotamobagu melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Sande Dodo mengimbau, masyarakat Kotamobagu agar tidak abaikan Protoko Kesehatan (Prokes).

Menurutnya, penanganan penyebaran virus Covid-19 masih terus dilakukan oleh tim Gugus Covid-19. Namun, kesadaran masyarakat sangat penting apalagi prokes untuk memutus mata rantai penyebaran virus.

“Pemerintah berupaya agar penyebaran virus dapat diminimalisir setiap hari bahkan perlu untuk tidak ada penyebaran covid 19 dilingkungan masyarakat, namun hal tersebut dapat terwujud jika seluruh masyarakat dapat mendukung dengan menerapkan 5 M setiap hari,” jelas Sande.

Lanjutnya, kita harus belajar sejarah Negara Spanyol yang mengalami pandemi terparah pada 1918 yakni Flu Spanyol. Selang dua hingga tiga tahun, Spanyol menghadapi gelombang serangan virus.

Saat itu, 500 juta orang terinfeksi dan 50 hingga 100 juta kasus kematian. Namun, sebagian besar kematian terjadi digelombang kedua lantaran, masyarakat sudah tidak nyaman dengan karantina dan menjaga jarak. Saat itu, masyarakat dibolehkan keluar rumah dan merayakannya dengan suka cita di jalan-jalan. Selang seminggu kemudian, serangan gelombang kedua terjadi dengan puluhan juta kematian.

“Sejarah ini perlu disadari kita semua, bahwa ketika kita sudah tidak lagi menganggap penting Prokes yang diterapkan saat ini, maka bisa saja sejarah Spanyol akan kita rasakan. Jadi mau belajar sejarah atau mau mengulang sejarah,” kata Sande. (tr-1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.