Pemkot Kotamobagu Bangun Dua Unit Pengering Padi

0

KLIK24.ID — Peningkatan produksi pertanian di Kota Kotamobagu terus menjadi perhatian Pemerintah. Hal tersebut dibuktikan dengan pembangunan dua unit bangunan pengering padi bagi petani di Kotamobagu.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Pertanian dan Perikanan Kotamobagu, Ramjan Mokoginta mengatakan, bantuan bangunan pengering padi itu, dibangun di dua tempat yakni di desa Moyag Todulan dan desa Poyowa Kecil dengan ukuran 8×20 meter. Dengan anggaran senilai Rp200 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kotamobagu.

“Unit pengering tersebut sangat membantu petani padi, apalagi cuaca yang sering hujan. Jika menggunakan bangunan pengering ini, padi milik petani bisa kering dalam jangka waktu sekitar dua hari saja,”  ujar Ramjan, Jumat (23/10/2020).

Menurutnya, bangunan pengering ini, selain digunakan untuk pengeringan padi, juga bisa digunakan untuk mengeringkan jagung, kopi, coklat, dan tanaman pangan lain.

“Tapi bantuan tersebut khusus untuk petani padi. Nanti kalau belum digunakan petani padi, bisa digunakan untuk mengeringkan tanaman jenis lain,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.