Natal Adalah Soal Mengucap Syukur

0
Ketua SINODE GMIBM Ch Raintama-Pangulimang

KLIK24.ID –  Perayaan Natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 1 Januari 2020, organisasi gereja di Bolaang Mongondow Raya (BMR), mengimbau jemaat untuk paham dan mengerti akan makna Natal serta momen Tahun Baru.

Sinode Gereja Masehi Injili di Bolaang Mongondow (GMIBM) mengajak semua Umat Kristiani agar mengahadapinya dengan kasih dan tidak berlebihan. Ketua Sinode GMIBM Ch Raintama Pangulimang mengatakan, menyongsong Natal ini, umat dapat menghadapi dengan penuh kasih dan tidak berlebihan, seiring dengan perilaku masyarakat milenial yang cenderung hanya memuaskan keinginan daripada kebutuhan.

“Jadi Natal ini kita harus menghadapi dengan rasa dan makna. Jangan hanya ingin memuaskan perilaku milenial, sehingga menghancurkan keluarga. Jadi lakukan hidup seadanya,” ujarnya.

Lanjutnya, sesuai dengan Tema Natal, bagaimana warga gereja memaknai dengan silaturahmi, membangun hubungan dengan sesama dan menjaga toleransi antarsesama, membangun persahabatan, dan paling tidak menjaga kehormatan dan prinsip-prinsip terhadap dogma. “Jadi Natal ini mendorong kita untuk membangun hubungan dengan siapa saja,” terangnya.

Kemudian, kata ketua sinonde, dalam Pesan Natal, warga gereja dapat menerapkan dan mengembangkan sikap solidaritas dengan keadaan sesama. Sebab pesan Natal merupakan pesan solidaritas Allah yang terdalam, juga Natal adalah medan bagi Umat Kristen untuk menunjukkan solidaritas, artinya sepanjang tahun harus mengasihi orang, namun yang terjadi hanyalah sampai pada lip service. “Natal menunjukkan Alah itu sangat integratif. Seperti Allah berfirman di Kejadian 3, menyelamatkan dan bukan hanya untuk berfirman, tetapi melaksanakannya jadi manusia. Karena itu juga warga gereja dipanggil untuk menyatakan perayaan Natal yang sederhana bukan hanya kata-kata tetapi, dengan tindakan yang secukupnya,” jelasnya. “Sehingga apapun dan tindakannya harus hadapi dengan apa adanya, perayaan Natal tidak berkurang sukacitanya,” tutupnya. (aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.