Jajaran KPU Kotamobagu Jalani Rapid Test

0
JALANI : Jajaran KPU menjalani rapid test.

KLIK24.ID — Jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu, menjalani rapid test secara serentak di Aula Kantor KPU Kotamobagu, Kamis (9/7/2020).

Selain Komisioner KPU dan jajaran sekretariat, rapid test juga diikuti badan Ad Hock yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) beserta jajaran sekretariat, serta Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Ketua KPU Kotamobagu Iwan H Manoppo mengatakan, rapid test yang digelar dua hari yakni Kamis 9 Juli dan Sabtu 11 Juli, merupakan agenda resmi dari KPU, untuk pelaksanaan protokol kesehatan pada tahapan pemilihan umum tahun 2020.

“Ini merupakan agenda secara nasional,” kata Iwan.

Senada dengan ketua KPU, anggota Komisioner KPU yang juga merupakan Kepala Divisi (Kadiv) sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan sumber daya manusia (SDM) Zulkifli Kadengkang menuturkan, tujuan pelaksanaan rapid test kepada jajaran KPU Kotamobagu hingga ke tingkat PPK dan PPS, adalah untuk memastikan KPU beserta jajarannya aman dari Covid19.

“Agar nantinya masyarakat, ketika ada petugas kpu dalam hal ini ppdp, pps dan ppk yang turun melaksanakan coklit tidak ragu menerima kedatangan jajaran kpu nanti,” tutur Kifli sapaan akrabnya.

Lanjut, kata Kifli, ketika dalam pelaksanaan rapid test ditemukan adanya jajaran KPU, PPK, PPS dan Sekretariat reaktif, maka yang bersangkutan akan diistirahatkan dirumah selama 14 hari.

“Sesuai Protokol Kesehatan itu isolasi mandiri selama 14 hari,” imbuhnya.

Namun, sambung Kifli, berbeda halnya ketika dalam pelaksanaan rapid test kepada PPDP kemudian ditemukan adanya reaktif.

“Berdasarkan surat dinas nomor 540 KPU RI 6 Juli 2020, PPDP yang dinyatakan reaktif maka PPS harus mengganti,” beber Kifli.

Ia berharap, dalam pelaksanaan tahapan pemilihan nanti, masyarakat tidak ragu menerima kedatangan jajaran KPU.

“KPU menjamin agar masyarakat juga itu sehat. Aman dari Covid-19,” tandasnya. (uci)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.