Insentif Tenaga Kesehatan Tunggu Verifikasi Kemenkes

0
Yusrin Mantali

KLIK24.ID — Tenaga kesehatan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu yang merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19 di Kotamobagu, nampaknya harus lebih ekstra sabar lagi. Pasalnya, insentif yang dijanjikan oleh Pemerintah Pusat kepada tenaga kesehatan (Nakes) khususnya di Kotamobagu masih menunggu tahap verifikasi.

“Kalau dirumah sakit itu kita hanya mengusulkan sesuai dengan juknis kemenkes. Kita usulkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu. Dinkes Kotamobagu melakukan verifikasi dan meneruskan ke Dinkes Provinsi dan dari Provinsi ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes),” kata Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu Yusrin Mantali, Rabu (1/7).

Menurutnya, pihak Kemenkes lah yang berwenang untuk memberikan persetujuan pencairan insentif Nakes Kotamobagu. Karena, penyaluran insentif tersebut langsung dari Kemenkes ke RSUD Kotamobagu.

“Nanti Kemenkes yang setujui. Terkait jumlah penerima dan besaran. Karena di juknisnya itu sudah ada rumus perhitungannya. Sesuai dengan jumlah petugas yang bertugas dan jumlah pasien yang dirawat,” jelasnya.

Ia berharap, usulan insentif kepada seluruh Nakes Kotamobagu yang bertugas dalam penanganan Covid-19 bisa secepatnya cair.

“Perhitungannya tidak tetap perbulan. Nanti hasil pastinya itu menunggu hasil verifikasi. Kita tidak bisa memperkirakan. Karena tergantung yang melakukan verifikasi. Kita menunggu kapan bisa turun. Kita berharap secepatnya. Karena petugas medis juga sudah tanya-tanya,” tandasnya. (uci)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.