Kotamobagu dan Bolmong Bakal ‘Banjir’ Ikan  Tawar

0
334
panen ikan air tawar

KLIK24.ID — Sektor pertanian di Kotamobagu terus mengalami perkembangan yang cukup signifikan khususnya pada sektor budidaya ikan air tawar. Tahun 2019 Kotamobagu akan kebanjiran benih ikan baik itu dari Dinas Pertanian, maupun dari Kementerian Kelautan Perikanan.

Anto Mamonto SPKP Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Pertanian dan Perikanan Kotamobagu mengatakan, khusus untuk Kotamobagu tahun 2019 ini akan mendapatkan paket pemeliharaan ikan patin di kolam. khusus untuk paket ikan patin ada 8 kelompok, dimana masing-masing kelompok akan mendapatkan 5000 sedangkan untuk paket ikan nila ada 5 kelompok.

” Selain dari dinas ada juga program dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) kementerian Kelautan dan Perikanan Balai Perikanan Budidaya  Air Tawar Tatelu yang juga membagikan paket bantuan kepada kelompok pembudidaya ikan dan program ini sudah dibagikan ke 18 kelompok, dimana ikan nila ada 10.000 ekor perkelompok dan ikan lele yang dibagi ke 4 kelompok yakni perkelompok mendapatkan 1250 ekor,” terang Mamonto kepada koran ini Senin (13/5/2019).

Lebih lanjut Mamonto mengatakan dari UPT Kementerian Kelautan dan Perikanan di Kotamobagu juga mendapat 2 paket Bioflok yakni untuk ikan lele dan ikan nila.

“Dimana pengembangan budidaya ikan dengan menggunakan sistem Bioflok atau semacam kolam terpal,” lanjutnya.

Terpisah Kepala Bidang Pembudidayaan Usaha Kecil Pembudidaya ikan Dinas Perikanan Bolmong Moh Sabran Mokodompit mengaku Pemkab Bolmong juga mendapat bantuan serupa dari dinas dan dari UPT Kementerian Kelautan.

“Bedanya dari Bolmong tidak mendapat Bioflok karena belum ada kelompok yang memenuhi syarat untuk menerima program budidaya dengan sistem bioflok ini,” ujar Mokodompit. (mus/gus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.