Jadi Bahan Evaluasi Kinerja, Kepala SKPD Kotamobagu Diminta Percepat Realisasi Serapan Anggaran

0
69
Sande Dodo

KLIK24.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menggelar rapat evaluasi realisasi serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 di Aula Rumah Dinas Wali kota Kotamobagu, Rabu (23/12/2020).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kotamobagu Sande Dodo saat diwawancarai usai rapat evaluasi tersebut mengatakan, hingga saat ini serapan APBD Kotamobagu tahun anggaran 2020 mencapai 85%.

“Penyerapan APBD Kotamobagu 85% sudah terserap,” kata Sande.

Menurutnya, seluruh SKPD harus memacu penyerapan anggaran disisa waktu yang ada, sebelum tutup buku tahun anggaran 2020.

“Untuk kepala SKPD harus segera merealisasikan penyerapan anggaran. Jangan sampai ada yang tidak terbayar. Karena kelalaian dari SKPD. Harus fokus karena pembayaran ini hanya sampai rabu,” jelas Sande.

Ia mengungkapkan, hasil realisasi serapan APBD yang terserap sampai tutup tahun anggaran akan menjadi tolok ukur Pemerintah dalam memberikan penilaian terhadap kinerja dari setiap kepala SKPD.

“Kalau realisasi serapan tidak capai akan jadi bahan evaluasi oleh pemerintah. Karena kepala SKPD ada perjanjian kinerja dengan Wali Kota. Itukan akan dievaluasi. Apakah tercapai atau tidak selama tahun 2020 ini. Kalau tidak tercapai berarti kinerja dibawah,” bebernya.

Ia berharap, realisasi serapan APBD Kotamobagu hingga tutup tahun anggaran akan mencapai target.

“Imbauan kepada kepala-kepala SKPD untuk melihat kembali kegiatan-kegiatan yang sudah tertata di APBD, kalau memenuhi syarat untuk dibayar segera dibayarkan. Dan jangan sampai membayar barang yang tidak ada. Bayar sesuai progres yang ada. Kalau fisik baru 80% bayar 80%. Jangan bayar 100%,” tandasnya. (Uci)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.