Kotamobagu Panen Mangga Kweni

0

KLIK24.ID – Jika datang ke Kotamobagu maka buah yang wajib dinikmati adalah mangga kweni. Saat ini Kotamobagu sedang panen raya kweni. Pantauan KLIK24.ID, harga mangga Kweni di Pasar Serasi cukup murah. Rp5.000 bisa mendapatkan 4 buah. Bahkan jika berani menawar, ada pedagang yang menjual buah ini Rp1.000/buah.

Nah, sebenarnya apa manfaat makan buah mangga. Selain rasanya yang nikmat, mangga juga menyimpan banyak manfaat bagi yang mengonsumsinya.

  1. Membantu Pencernaan

Dalam buku Healing Foods oleh DK Publishing Inggris terbitan 1974, mangga mengandung enzim yang membantu melancarkan pencernaan dan serat yang membuat saluran pencernaan bekerja secara efektif. Sementara, daging mangga mengandung serat prebiotik yang bantu beri makan bakteri baik di usus. Jika sistem pencernaan sehat, usus juga sehat.

Selain bantu lancarkan pencernaan, serat mangga juga bantu turunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Utamanya, mangga muda yang mengandung serat pektin lebih banyak dibandingkan mangga yang sudah matang.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sering tidak disadari oleh banyak orang, ukuran buah mangga rata-rata biasanya mengandung hingga dua pertiga dari asupan vitamin C yang direkomendasikan setiap hari. Alih-alih minum pil atau suplemen vitamin C yang belum tentu khasiatnya terasa, mangga selain rasanya menyegarkan, Anda bisa mendapat manfaat asupan vitamin C yang cukup sekaligus.

Kemudian mangga juga mengandung antioksidan yang aktif untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam mencegah penyakit flu, batuk, pilek dan lainnya.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Saat ini, akibat terlalu sering menggunakan gawai membuat orang jadi lupa menjaga kesehatan matanya. Namun jika Anda mengonsumsi mangga secara rutin, ia bisa mencegah dan membantu menjaga kesehatan mata. Mangga kaya akan betakaroten yang membantu dalam produksi vitamin A.

Antioksidan yang kuat juga dapat membantu meningkatkan penglihatan bahkan meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan. Selain itu juga bisa mencegah degenerasi makula terkait usia atau hilangnya penglihatan pada manula.

  1. Bantu Jaga Berat Badan

Kandungan fitokimia dalam kulit mangga bertindak sebagai penghilang lemak alami. Daging mangga yang dipenuhi serat memunculkan rasa kenyang saat memakannya. Jadi saat mengonsumsi mangga, Anda bisa merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Ini bermanfaat untuk mencegah Anda makan camilan yang menyebabkan kegemukan.

Selain itu, mangga dapat membantu mengatur kadar kolestrol Anda. Tingginya kadar serat pektin dapat membantu menurunkan low-density lipoprotein (LDL atau kolestrol jahat) yang menyebabkan plak di pembuluh darah yang nantinya dapat menghambat aliran darah.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Mangga dipenuhi kandungan vitamin C dan vitamin A yang ramah untuk kulit, dan keduanya sangat penting untuk perbaikan kulit dan menjaga kulit agar tetap sehat. Jika dikonsumsi secara rutin, mangga bisa membantu mengelupas dan mengilangkan sel-sel kulit mati.

  1. Ramah bagi Penderita Diabetes

Seringkali rasa manis mangga yang terlalu legit membuat orang khawatir apakah buah mangga bisa dikonsumsi penderita diabetes atau tidak. Jawabannya adalah sangat bisa. Indeks glikemik mangga berkisar antara 41 hingga 60, dengan rata-rata 51.

Makanan yang indeks glikemiknya kurang dari 55 dianggap makanan glikemik rendah yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Kemudian, makanan dengan indeks glikemik rendah memastikan pelepasan gula dalam darah lambar dan tidak ada lonjakan tiba-tiba dalam glukosa darah, jadi sangat aman. Selain itu, mangga juga kaya serat yang bantu atur kadar gula darah.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.