Alkitab Bahasa Mongondow di Desa Otam Sejak 1932

    0
    SEJARAH: Bendahara Jemaat Desri Kolintama saat memegang Alkitab dan teks lagu nyanyian, saat berada di depan Gereja Imanuel Otam. (f/Alan H-BMR)

    KLIK24.ID – Alkitab berbahasa Mongondow, saat ini masih tersimpan rapih dalam gereja Imanuel Otam, di Desa Otam Barat Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow.

    Alkitab tersebut menurut penuturan Bendahara Jemaat Imanuel Otam Desri Kolintama, Alkitab yang berbahasa mongondow diterbitkan oleh W Dunner Bier tahun 1932. Dan ternyata saat itu jemaat di Desa Otam sudah ada sejak tahun 1910. Sedangkan jemaat pada waktu itu jumlahnya sebanyak 200 orang, dan saat itu masih dipimpin oleh Pdt Dunner Bier dari Amsterdam Belanda, dan saat memimpin jemaat Dunner Bier memandikan atau membaptis seorang anggota jemaat bernama Yustus Kolintama. Sejak dibaptis Yustus kala itu diangkat menjadi ketua Jemaat pertama di Gereja Imanuel Otam.

    Menariknya, selain Alkitab ternyata pihak gereja juga menyimpan teks lagu, nyanian berbahasa mongondow tahun 1936, yang juga sering digunakan jemaat pada saat itu.

    Menurut Desri ketua jemaat Gereja Imanuel Otam saat ini adalah Astri Kolintama, kakenyalah Yustus Kolintama  yang pernah menjadi ketua jemaat pertama.

    “Saat ini kami masih tetap menyimpan Alkitab dengan baik, karena itu merupakan bukti sejarah bahwa alkitab berbahasa mongondow sudah ada di Jemaat Otam sejak tahun 1932 silam,” tutupnya.(aln)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.