Jelang Ramadhan, Awas Ada Penimbun Gula

0
(f-istimewa)

KLIK24.ID – Hingga satu bulan jelang bulan ramadhan, harga gula pasir belum ada tanda-tanda mengalami penurunan. Bahkan diprediksi harga gula akan terus naik menyusul stok di Sulawesi Utara mulai menipis.

Salah satu yang menjadi kekuatiran lain jelang ramadhan adalah penimbunan kebutuhan pokok, salah satunya gula. Jika ini terjadi, maka bisa dipastikan harga-harga akan mengalami kenaikan yang lebih banyak. Untuk itu sejumlah warga berharap agar pemerintah segera mengambil langkah. “Kenaikan harga jelang ramadhan sudah sering terjadi. Tapi untuk tahun ini mungkin lebih tinggi karena kondisi nasional. Belum lagi kalau ada yang mempermainkan dengan melakukan penimbunan, pasti harga akan jauh lebih mahal, terutama gula yang menjadi kebutuhan pokok saat puasa,” kata Ahmad Warga Gogagoman.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara Edwin Kindangen mengakui harga gula pasir  naik sampai Rp5.500 per kilogramnya. Kata Edwin, kenaikan ini disebabkan persediaan yang kurang. “Persediaan kita kurang. Tapi ini terjadi secara nasional,” ucap Edwin .

Disebutkannya juga bahwa langkah pemerintah yakni meminta persediaan distributor lokal ditingkatkan. “Kami berharap distributor lokal bisa meningkatkan persediaannya, walaupun harganya belum stabil,” tukas dia.

Paling tidak langkah tersebut sebagai pencegahan kosongnya stok gula pasir saat menghadapi ramadan dan Idul Fitri yang sudah tak lama lagi pelaksanaannya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.