Harga Kopra Melejit

0
kopra

KLIK24.ID – Petani kopra kini mendapat angin segar seiring adanya kenaikan harga penjualan di pasar. Informasi yang didapat klik24.id komoditi andalan masyarakat Bolmong Raya seperti kopra terus membaik.

Imran Darumeat pembeli komoditi kopra di kelurahan Motoboi Besar Kecamatan Kotamobagu Timur menjelaskan, sejak beberapa hari lalu harga kopra mengalami kenaikan harga. Jika dibandingkan pada minggu sebelumnya harga pembelian ke petani dikisaran Rp4000 sampai Rp4500 per Kilo gram (Kg) dan harga perusahan RpRp6000 sampai Rp6500 per kg.

Namun dalam beberapa hari ini terjadi perubahan harga dan mengalami kenaikan, sedangkan untuk pembelian kopra ke petani saat ini dikisaran Rp5000-5500 per Kg. Sementara untuk harga perusahan naik menjadi Rp7500 per kg.

Adanya kenaikan harga kopra menurut Imran, karena ketersediaan stok kopra yang berkurang sehingga perusahan berani menaikkan harga jual. “Biasanya kalau mobil mau antrian ke perusahan bisatiga sampai empat hari lamanya menunggu antrian, namun kini hanya sehari muatan langsung dibongkar,” ujarnya.

Ia pun menambahkan, dalam satu atau dua hari ini akan ada perubahan harga dari perusahan, dan diperkirakan harga akan naik lagi karena, jika dilihat kondisi ketersediaan stok kopra lagj menurun. “Semakin berkurangnya stok tentu berpengaruh terhadap harga penjualan, dan harga bakal naik lagi. Saya berharap harga naik agar produksi kopra dimasyarakat bisa meningkat,” ungkapnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.