Harga Jagung Anjlok

0

KLIK24.ID — Jagung merupakan salah satu usaha komoditi terbesar di Bolmong Raya, kali ini penjualan mengalami penurunan harga, apa lagi sejak adanya pandemi covid 19, harga kian merosot.

Arkan Mamonto penanggun jawab di PT Mitra Mandiri Agro Lestari di Desa Kopandakan Jalan AKD  Kotamobagu, Sulawesi Utara yang adalah perusahan terbesar pembelian komoditi jagung di Bolmong Raya menyampaikan, saat ini harga pembelian jagung ke petani hanya dikisara Rp 3100 per kilo gram (kg) yang kadar airnya dibawah 15 persen. Sedangkan yang kadar airnya diatas 15 persen dibeli dengan harga Rp 3000 per kg.

Harga pengambilan tersebut mereka sesuaikan dengan harga pembelian dipusat atau dipulau jawa karena barangnya dikirim ke jawa or beberapa perusahan pengelola pakan. “Kami hanya sesuaikan dengan harga pusat, jika harganya naik maka kami akan sesuaikan,” ujarnya.

Ia juga mengakui, sebelum adanya penyebaran virus corona di Indonesia, harga pembelian masih diangka Rp4000 per kg tapi saat ini hanya Rp3000 per kg. Mengenai adanya pembelian jagung dengan harga sedikit diatas dibeberapa tempat penjualan, Ia pun menanggapi.

Menurutnya itu karena mereka membeli hanya sesuai kebutuhan saja artinya tidak dalam jumlah besar, berbeda dengan mereka yang siap membeli dalam jumlah besar kapan saja. “Kami siap membeli berapapun banyaknya stok dari petani, kami juga tidak ada batasan untuk pembelian,” ujar pria yang mengaku hobi dengan mancing ikan.

Lanjutnya, bila harga kembali turun, itu tidak mungkin mengingat petani akan semakin rugi jika harga kembali drop. “Saya berharap kedepan harga pembelian akan kembali naik sesuai dengan harapan petani di BMR,” tutupnya.(aln).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.