Harga Cengkih Rp51 Ribu Per Kilo Gram

0
Ilustrasi

KLIK24.ID — Memasuki awal September 2020 ini, harga pembelian cengkih mulai ada kenaikan. Robert sebagai pembeli cengkih di CV Karya Tani Kelurahan Kotobangon menyampaikan, harga pembelian cengkih ke petani ada kenaikan namun tidak signifikan. Sebelumnya pembelian diangka Rp50 ribu per kilo gram (kg) kini naik menjadi Rp51 ribu per kilo gram. “Naiknya hanya seribu saja,” terangnya.

Menurut Robert pembelian cengkih ke petani masih disesuaikan dengan harga pasaran di Manado dan pengambilan gudang. “Tidak mungkin kami beli melebihi harga perusahan atau pasaran di Manado. Yang jelas kami harus sesuaikan,” ungkapnya.

Dirinya mengakui, jika dibandingkan dengan daerah luar Sulut, harga pembelian mereka diatas. Karena rata-rata saat ini hanya dibawah Rp50 ribu. Ini juga lanjut Robert, kualitas cengkih di sulut lebih baik.

Petani cengkih asal Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Alfian berharap, ada solusi dari pemerintah untuk menaikkan harga agar pendapatan mereka bertambah. “Kalau bisa harganya seperti tahun lalu diatas Rp70 ribu per kilo gram,” katanya.

Menurutnya, harga saat ini teemasuk dibawah. Karena jika dihitung-hitung biaya pemetikan hingga proses pengeringan banyak yang dikeluarkan. “Keuntungan penjualan pasti ada tapi tidak terlalu banyak, mudah-mudahan kedepan ada kenaikan,” tandasnya. (aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.