Harga Cengkih Rp51 Ribu Per Kg, Petani Berharap Ada Kenaikan Bulan Ini

0
Ilustrasi

KLIK24.ID — Hingga memasuki minggu ke tiga dibulan September, harga cengkih belum berubah dan masih tetap diangka Rp51ribu per kilogram (kg) artinya harga tersebut sudah terjadi hampir dua bulan terakhir.

Robert penanggung jawab CV Karya Tani tempat pembeli cengkih di Kelurahan Kotobangun kecamatan Kotamobagu Timur saat diwawancarai mengaku, harga pembelian cengkin ke petani belum berubah dan masih tetap Rp51ribu per kg, namun jika ada petani yang menjual dalam jumlah banyak, dirinya bisa ambil dengan harga Rp52ribu.

Diakui belum adanya perubahan harga kerena mereka menyesuaikan dengan harga pasaran saat ini. Seperti di Kota Manado pembelian harga cengkih per satu Kg Rp53ribu. “Nah kami beraji ambil dengan harga 52ribu asalkan jumlahnya banyak dan cengkihnya bersih,” kata Robert.

Untuk pembelian ke petani, mereka tidak memiliki target atau batasan berapa jumlahnya, intinya semua penjualan tetap dilayani berapa pun yang dijual. “Kami tidak memiliki target berapa kebutuhan yang harus dibeli, yang jelas setiap penjualan petani kami tetap layani,” ungkapnya.

Sementara terkait harga pembelian cengkih yang masih diangka Rp51ribu, beberapa petani cengkih berharap adanya kenaikan harga beli. “Kami berharap adanya kenaikan harga cengkih dati perusahan, kalau bisa harganya seperti tahun lalu berkisar Rp70ribu per kg,” ungkap Misran Darumeat asal Motoboi Besar yang memiliki kehun cengkih di Desa Badaro Kabupaten Boltim.

Menurtnya harga cengkih saat ini termasuk rendah karena hasil penjualan yang didapat, sebagian besar untuk biaya pekerja dal lain-lain. “Soal keuntungan ada tapi tidak seperti tahun lalu,” terangnya.

Sementara petani penjual cengkih lainnya mengaku, tidak semuanya hasil panen mereka jual karena ada juga stok yang ditahan. “Sebagian stok ami jual karena tuntutan kebutuhan dan pembayaran ongkos pekerja, yang lainnya masih disimpan antisipasi jika harganya naik,” ungkap Denny.

Beberapa petani berharap adanya perhatian dari pemerintah untuk menaikkan harga cengkih seperti dulu lagi, agar pendapatan hasil penjualan meningkat. “Semoga pemerintah dapat mengupayakan harga cengkig di Sulut ada kenaikan demi kesejahteraan khusus petani cengkih,” tutupnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.