Dipasangi Seismometer, Pesisir Pantura Bolmong Potensi Tsunami

0
135
seismometer yang akan mendeteksi dini tsunami

KLIK24.ID – Wilayah pesisir laut Bolaang Mongondow, Sulut dengan posisi panjang 100 km membentang dari timur ke barat dan menghadap langsung ke samudra pasifik rentan berpotensi tsunami.

Untuk mendeteksi adanya tsunami, Pemkab Bolmong segera memasang seismometer bantuan dari Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

KLIK JUGA: Komnas-HAM Investigasi Sumber Sianida dan Merkuri Beredar Bebas di Bolmong Raya

Hal tersebut dikatakan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong, Haris Dilapanga. “Rencana tahun ini, stasiun seismik untuk peralatan seismometer akan dibangun di Desa Mariri,  Kecamatan Poigar. Dan itu sudah sesuai hasil survei yang kita lakukan  bersama dengan BMKG,” ucap Haris, Kepada Harian Bolmong Raya Senin (9/4/2019).

Dia mengatakan, alat ini sudah mengcover seluruh wilayah pesisir pantai utara (Pantura) Bolmong. Sementara anggaran untuk pembangunan stasiun menelan sekira Rp 2 Miliar. “Pembangunannya secepatnya akan dilakukan,” ungkapnya.

Tambahnya, dengan adanya alat pendeksi ini kata Haris, sangat membantu Pemerintah daerah khususnya bagi warga Bolmong terutama yang berada di pesisir laut pantura.

Sebab, jika terjadi adanya gelombang laut yang menyebabkan potensi tsunami, maka dengan sendirinya akan langsung diketahui. Sebab, alaram seismometer ini langsung berbunyi. “Itu salah satu keunggulan dari alat tersebut, jika adanya gelombang laut yang berpotensi tsunami,” bebernya.

Pun demikian, dengan warga masyarakat yang berada dipesisir, meski sudah dipasang alat pendeksi namun tetap waspada. Sebab, gelombang laut yang berpotensi tsunami bisa saja datang  secara tiba-tiba tanpa ada pemberitahuan. “Jadi alat ini tidak hanya mendeksi adanya tsunami tapi juga dapat mendeksi gempa bumi,” tuturnya. (CIP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.