Dinilai Naikkan NJOP Sepihak, DPRD Bakal Panggil Pemkot

0
319
Djelantik Mokodompit

KLIK24.ID — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kotamobagu dalam waktu dekat bakal memanggil Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu.  Pasalnya, Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tahun ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Sehingga, biaya retribusi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) naik hingga dua kali lipat.

“Masuk salah satu agenda DPRD untuk melakukan pemanggilan pemerintah terkait kenaikan NJOP yang dilakukan sepihak,” kata pimpinan DPRD Kotamobagu Djaelantik Mokodompit, Kamis (9/5) kemarin.

Menurutnya, Pemkot dinilai menaikkan secara sepihak NJOP yang tanpa ada koordinasi dengan DPRD selaku wakil rakyat yang menjadi bagian mitra kerja pemerintah. “Proses kenaikan NJOP dengan kondisi hari ini tidak ada masalah. Yang jadi persoalan sekarang proses kenaikannya itu yang dilakukan sepihak oleh pemerintah. DPRD yang seharusnya mitra kerja pemerintah, sebagai representasi wakil rakyat seharusnya diajak untuk bicara,” ujar Djaelantik.

Dikatakannya, dalam menaikkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kepentingan rakyat, pemerintah harus terlebih dahulu membahas bersama-sama dengan DPRD. Sebab, ada kajian-kajian yang harus dilakukan sebelum kenaikan NJOP ini disampaikan kepada masyarakat. “Kami belum bisa menyatakan itu pelanggaran, karena itu kita akan memanggil. Yang pasti DPRD adalah mitra kerja pemerintah, yang terkait kepentingan rakyat seharusnya diajak bicara bersama. Karena kenaikan NJOP adalah kepentingan rakyat. Sudah seharusnya dilibatkan. Tentu harus berdasarkan kajian,” pungkasnya. (mg41/zip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.