Di Kementerian PUPR, Bupati Bolmut Bahas Rumah Nelayan Hingga Rusunawa Tenaga Kesehatan

0
220
foto : TUP Bupati
KLIK24.ID-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut yang dipimpin langsung oleh Bupati Bolmut Depri Pontoh melakukan audiensi dengan pihak Direktorat Jenderal (Ditjen) perumahan Kementerian PUPR Republik Indonesia, Rabu (22/1) hari ini di Jakarta.
Audiensi ini terkait penyediaan perumahan di Kabupaten Bolmut. Dimana ada tiga hal yang disampaikan pertama penyediaan Rumah Susun (Rusunawa),  bagi tenaga kesehatan di RSUD Bolmut. Kedua penyediaan rumah nelayan di Kabupaten Bolmut. Ketiga pembangunan rumah berupa Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).
Bupati Bolmut Depri Pontoh mengatakan dalam pertemuan tersebut pembangunan rusunawa sangat dibutuhkan karena hampir sebagian besar tenaga kesehatan di RSUD belum memiliki tempat tinggal. “Dan saat ini berdomisili cukup jauh dengan lokasi rumah sakit. Hal ini menjadi salah satu faktor kurang optimalnya pelayanan RSUD dalam pelayanan 24 Jam,”jelasnya.
“Melihat kondisi ini, pihak pemerintah daerah sangat serius sehingga saat ini sudah menyediakan lahan siap bangun
disekitar lokasi RSUD,”Kata Bupati.
Selanjutnya Pemda mengucapkan terimakasih kepada Dirjen penyediaan perumahan. “Karena tahun 2018 yang lalu Bolmut merupakan salah satu daerah penerima pembangunan rumah khusus nelayan 50 unit. Alhamdulillah sudah ditempati. Dan sangat dirasakan manfaatnya oleh nelayan,”ujar papa Adit.
Lanjut Pontoh, sehingga tahun ini 2020 kiranya¬† Bolmut bisa dipertimbangkan kembali pembangunan rumah khusus nelayan. “Pemda sudah siap lahan satu hektar di desa Busisingo, Kecamatan Sangkub untuk dibangun 50 unit rumah nelayan,”ujar Depri.
Disisi lain Bupati dua periode ini mengungkapkan dari tahun 2013 sampai tahun 2020 ini BSPS dari kementrian PUPR di Bolmut berjumlah 2330 unit. “Jumlah ini masih terbilang sedikit karena masih ada keluarga yang belum memiliki rumah layak huni dan kemudian masih ada yang belum memiliki rumah,”tuturnya.
Sehingga untuk mengurangi angka kebutuhan rumah di Bolmut. “Pemda berharap pada tahun-tahun berikutnya BSPS berupa peningkatan kwalitas rumah swadaya. Juga kiranya dapat diberikan bantuan stimulan perumahan swadaya berupa pembangunan baru,”ungkap Pontoh.
Dalam audiensi ini Pemda Bolmut diterima langsung oleh direktur perencanaan penyediaan perumahan, Ditjen penyediaan perumahan Kementerian PUPR Ir Dwitoyo Akoro Soeranto, MURPdan staf ahli Kementerian PUPR Lucky Kora. Sementara itu dari Pemda Bolmut turut hadir asisten III Aang Wardiman, Kepala Bapelitbang Nazaruddin Maloho, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan pertanahan Bolmut, Hidayat Panigoro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.