BRI Kotabunan Siap Salurkan PIP Warga Boltim yang Resmi Terdaftar

0
29
I Putu Arya Wilantara
I Putu Arya Wilantara
Klik24.id,BOLTIM – Sejumlah informasi beredar di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), bahwa pencairan dana Program Indonesia Pintar (PIP) bagi pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) sering bermasalah.
Kepala Unit BRI Kotabunan, I Putu Arya Wilantara, menerangkan,   kapasitas dan kewenangan pihak Bank dalam penyaluran bantuan pemerintah itu sebagai perantara pencairan dana. Menurutnya, sebagai Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) penyalur bantuan PIP, pasti akan memfasilitasi pembukaan dan pencetakan rekening. “Dengan ketentuan,  penerima adalah mereka yang sudah terdata oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai  penerima PIP,” ujar Wilantara.
Bagaimana dengan laporan warga bahwa mereka sudah buka rekening dan aktif sesuai prosedur namun dananya masih kosong? “Nanti tinggal melapor ke pihak Dinas atau sekolah, bahwa si penerima status rekeningnya sudah aktif,” tambah I Putu Arya.
Kepala Dinas Sosial  Slamet Umbola,  kepada media ini via Whatsapp (WA), mengakui jika KIP adalah Program Pemerintah Pusat, untuk masyarakat miskin yg terdaftar pada DTKS Kemensos. “DTKS itu sumber datanya dari desa. Awalnya DTKS itu adalah pendataan  oleh Badan Pusat Statistik, kerjasama dengan Kementrian Sosial, mulai tahun 2013, dan berakhir pada tahun 2015.
“Untuk selanjutnya verifikasi dan validasi data di Dinsos setiap tahun. Datanya dari pemerintah desa (pemdes). Data hasil kesepakatan melalui musdes. Berita acaranya nanti desa serahkan ke Dinsos untuk input ke SIKS-NG kemensos,” terang Slamet.
Sementara itu kepala dinas pendidikan, Yusri Damopolii, mengatakan bahwa produk PIP adalah beasiswa yang penerimanya memiliki  Kartu Indonesia Pintar. “Beasiswa ini khusus bagi keluarga yang kurang mampu,” tegas Yusri.(tr-1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.