BPN Bolmong Serahkan 246 Sertifikat Tanah Warga Kopandakan Dua

0
24
PTSL : Warga Kopandakan Dua, menerima sertifikat tahah dari BPN Kabupaten Bolmong. (F : Klik24.id)

Klik24.id, BOLMONG – Kantor Pertanahan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar jumpa pers dalam rangka Penyerahan Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2021, di BPU Kantor Desa Kopandakan Dua, Kecamatan Lolayan, Bolmong, Selasa (7/9).

Diketahui, penyerahan 246 sertifikat tanah warga tersebut digelar secara simbolis dengan menerapkan Protokol kesehatan (Prokes) ketat.

Kepala Seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran, BPN Bolmong, Steven Oktovia K Wowor SST MAP mengatakan, penyerahan sertifikat tahah di Desa Kopandakan Dua masih berlanjut. “Penyerahan saat ini bukan yang terakhir, tapi masih berlanjut. Saat ini masih ada proses pengukuran. Sertifikat selesai satu bulan sejak pengukuran,” jelas Ketua Ajudikasi PTSL.

Lanjutnya, saat ini proses pengukuran tahah pekarangan maupun lahan perkebunan masih berlanjut. “Yang sudah selesai, langsung kita serahkan,” singkatnya.

Ia menjelaskan, semua pengurusan sertifikat tanah tidak dipungut biaya. “Hanya pajak jika itupun yang kena pajak. Dan banyak yang tidak kena pajak karena NJOP sangat rendah. PTSL tahun ini lebih cepat yang penting berkas lengkap dan tidak ada masalah. Untuk Desa Kopandakan Dua, ada 246 sertifikat,” sebutnya.

Sementara itu, Sangadi Kopandakan Dua, Marwan Palakum mengatakan, warga penerima sertifikat tanah memanfaatkan dokumen tersebut dengan sebaik mungkin. “Manfaatkan sebaik mungkin. Tanah dan lahan warga sudah memiliki legalitas atas nama pemilik,” tuturnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada BPN Bolmong yang telah menyerahkan sertifikat tanah kepada warga. “PTSL biasanya lama pengurusannya. Kali ini hanya sebulan lebih, sertifikat sudah di tangan masyarakat,” katanya.

Terpisah, Andrianson Mokoagow salah satu warga penerima sertifikat tanah mengaku, sangat senang mendapat sertifikat tanah. “Syukur Alhamdulilah, sertifikat sudah ada. Semoga, program pemerintah ini tetap berlanjut hingga kedepannya,” harapnya. (tr-1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.