BPN Bolmong Serahkan 102 Sertifikat Tanah di Desa Ponompiaan

0
17
Foto bersama Kepala BPN Kabupaten Bolmong Liliy Suhartini Wonggo, dengan warga Ponompiaan usai menerima sertivikat tanah.

Klik24.id, BOLMONG – Sebanyak 102 sertifikat tanah kembali diserahkan Badan Pertanahan (BPN) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) di Desa Ponompiaan, Kecamatan Dumoga, Kabupaten Bolaang Mongondow Kamis (16/9).

Kepala BPN Bolmong Liliy Suhartini Wonggo, A Ptnh menyampaikan, penyerahan Sertifikat tersebut merupakan program pemerintah pusat yakni, Pengukuran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang ditindaknlanjuti BPN Bolmong.

Untuk program PTSL menurutnya, sudah dimulai sejak 2017 lalu dan target pemerintah pusat, untuk pembuatan sebanyak 80 juta sertifikat hingga tahun 2025 dan saat ini sudah ada 9 juta sertifikat yang diterbitkan, sehingga untuk mengejar target diharapkan masyarakat yang belum memiliki sertifikat bisa diusulkan melalui Desa/kelurahan, seperti yang ada di Desa Ponompiaan ini.

Dalam penyerahan Sertifikat di Desa Ponompiaan target ada 130 sertifikat hanya saja sebagian masih dalam proses. “Jika ada masyarakat yang ingin ikut dalam program ini masih ada kesempatan untuk diusulkan ke desa tersebut melalui sangadi,” terangnya.

Lily berharap kepada masyarakat agar sertifikat yang sudah diterima agar dijaga dan dimanfaatkan dengan baik demi anak, cucu kedepan.

Kepala Seksi Survei dan Pemetaan, BPN Bolmong, Taufiqur Rifqi ST dalam acara penyerahan sertifikat menyampaikan, dengan adanya sertifikat tersebut diharapkan tidak ada lagi persoalan batas tanah milik masyarakat. Dan jika dalam pembuatan terjadi kekeliruan dapat menyampaikan ke Sangadi untuk ditindaklanjuti dan dilakukan perbaikan.

Sangadi Ponompiaan yang diwakili Sekertaris Desa menyampaikan apresiasi kepada pihak BPN Bolmong karena proses pembuatan sertifikat tidak membutuhkan waktu lama, hanya berkisar dua bulan. “Terima kasih BPN Bolmong yang sudah menerbitkan sertifikat tanah milik warga,” ungkapnya.

Sementara salah satu warga penerima sertifikat menyampaikan terima kasih kepada BPN Bolmong yang sudah menyerahkan sertifikat kepada mereka. “Ini akan kami simpan dan manfaatkan dengan baik dalam kebutuhkan atau keperluan lainnya,” jelas George Tanor yang juga mantan Kadis Perdagangan Kabupaten Bolmong. (tr-1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.