Tiga Paslon Siap Bertarung di Pilbup Boltim

0
Ilustrasi

KLIK24.ID – Tiga pasangan calon (Paslon) bakal bertarung di Pemilihan Bupati (Pilbup) Boltim, Desember mendatang.  Pasangan Suhendro Boroma (SB) dan Rusdi Gumalangit (RG) dipastikan akan maju diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bersama partai koalisi lainya. Belum lama ini Partai NasDem dan PKB menerbitkan Surat Keputusan (SK) dukungan terhadap pasangan Sam Sachrul Mamonto (SSM) dan Oskar Manoppo (OPPO).

Dua pasangan bakal calon (balon) kandidat SB-RG dan SSM-OPPO telah memenuhi dukungan 20 persen partai pemilik kursi di Dekab Boltim atau minimal empat kursi untuk mendapat tiket sebagai pengusung pasangan kandidat, untuk bertarung dengan Amalia RS Landjar (ARSL) dan Uyun K Pangalima (UKP) diusung Partai Amanat Nasional (PAN), yang merupakan partai pemenang Pilbup 2016 dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2020. PAN Boltim diketahui, berkoalisi dengan Partai Golkar dan Partai Demokrat serta beberapa partai lainnya.

Sachrul Mamonto mengatakan, dirinya bersama pasangan Cawabup dipastikan bertarung di Pilbup Boltim 2020. “Semua sudah kita siapkan, termasuk dokumen saat pendaftaran nanti. Syarat pencalonan dan syarat calon sudah siap,” terang Alul–sapaan akrab Sachrul–saat dihubungi tadi malam.

Ia mengaku, jika tidak ada aral melintang, pasangan SSM-OPPO mendaftar Jumat pekan ini. “InsyaAllah, kemungkinan Jumat pagi kita mendaftar,” singkat mantan Ketua Dekab Boltim ini.

Sementara itu, Ketua DPC PDI-P Boltim, Medy Lensun mengatakan, partai pengusung pasangan SB-RG, belum memutuskan jadwal pendaftaran pasangan kandidat Cabup dan Cawabup. “Belum di putuskan, dalam waktu dekat kita putuskan kapan calon yang kita usung dan partai koalisi mendaftar di KPU,” kata Wakil Ketua Dekab Boltim.

Sebelumnya, Amalia RS Landjar yang didukung oleh Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat dan Golkar serta beberapa partai, mulai menyiapkan syarat pencalonan dan syarat calon.

“Saat ini kita masih menyiapkan syarat pencalonan dan syarat calon. Untuk jadwal pendaftaran, kita belum menentukan kapan, yang pasti kita akan mendaftar berdasarkan tahapan yang sudah ditentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU),” tutur Politisi muda dari PAN ini.

Terkait pasangan, Ia mengaku telah memilih salah satu figur birokrat sebagai Cawabup. “Ya, sudah ada yakni Uyun K Pangalima (UKP),” singkat Ama–sapaan akrab Amalia–. (ndi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.