Surat Notifikasi Perjalanan Boltim Gratis. Dr Randya Permadi :Jika SKBS berbayar, karena masuk PAD

0
Petugas gugus covid-19 Boltim di perbatasan wilayah Kotamobagu - Boltim di batas Desa Moyag - Moyongkota Saat melakukan tugas Kamis (14/5).

KLIK24.ID — Ketika pandemi Covid-19 mulai merebak, para pengguna jalan yang akan melalui batas wilayah baik Daerah dan Propinsi harus membawa surat Notifikasi untuk perjalanan dari sangadi yang kemudian di keluarkan oleh Pusat Layanan Kesehatan setiap Kecamatan, khususnya di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (BOLTIM) tanpa di tetapkan biaya administrasi (gratis).

Kapus Modayag Dr Randya Permadi mengatakan, tidak ada biaya administrasi untuk surat notifikasi perjalanan dari Puskesmas.

“Untuk pengurusan kartu notifikasi perjalanan di Puskesmas Modayag, masyarakat cukup membawa surat pengantar jalan dari Sangadi dan gratis,”terangnya kepada klik24.id Kamis (14/5).

Dr. Randya Permadi

Jika masyarakat melakukan pengurusan Surat Keterangan Berbadan Sehat (SKBS) kata Dia, administrasi ditetapkan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kalau pengurusan SKBS itu berbayar, sebab masuk dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD), tetapi surat tersebut tidak berhubungan dengan kepentingan terkait COVID-19,”jelasnya.

Lebih lanjut Ia menuturkan, Khusus untuk perjalanan penerbitan kartu notifikasi tidak disyaratkan keluarkan SKBS, dan berlaku 7 hari sejak surat di keluarkan.

“Berlaku paling lambat 7 (tujuh) hari terhitung dari surat dikeluarkan, jika kebutuhan perjalanan berlanjut, maka pengurusan perpanjangan seperti dari awal, minta lagi surat pengantar jalan dari Sangadi kemudian buat kartu notifikasi perjalanan di puskesmas dan begitu seterusnya,”

Ia menambahkan tentang tupoksi petugas di posko perbatasan.

“jadi petugas kesehatan hanya menganjuran memakai masker, mengecek suhu tubuh, serta imbauan menjaga jarak. Untuk tugas menghentikan, menurunkan, memulangkan, menolak, melanjutkan ataupun meneruskan perjalanan itu di luar tupoksi petugas kesehatan,”ujarnya menutup pembicaraan.(Nng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.