Pemkab Boltim Upayakan Sekolah Kembali Dibuka

0
KUNJUNGAN: Guru dari SMP Satap Bukaka, melakukan kunjungan belajar mengajar di rumah salah satu siswi.

KLIK24.ID — Pemkab Boltim bakal mengupayakan agar sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), di Boltim kembali dibuka untuk kegiatan belajar mengajar.

Demikian dikatakan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Boltim, Yusri Damopolii. Ia mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dari guru-guru terkait pola belajar virtual dan kunjungan langsung. “Memang di Boltim ada beberapa kendala, untuk belajar sistem virtual hanya untuk siswa atau orang tua siswa yang memiliki handphone, kemudian belajar sistem virtual tidak bisa menjangkau siswa-siswi yang tinggal di wilayah blank spot atau tidak dijangkau jaringan internet,” terangnya.

Sementara, penerapan pola belajar kunjungan guru, kerap menemui kendala. “Tenaga guru terbatas, kemudian jam belajar sangat kurang karena guru-guru mobile dari satu rumah ke rumah siswa-siswi yang lain. Belum juga, saat guru datang ke rumah siswa, malah siswa tidak ada di rumah,” urainya.

Lanjutnya, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan konsultasi dengan bupati terkait dibukanya sekolah untuk kegiatan belajar mengajar. “Nanti dikonsultasikan dengan Pak Bupati, sebab aturan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membolehkan bagi daerah zona hijau dan kuning penyebaran Covid-19, untuk membukan sekolah. Namun, surat edaran gubernur belum membolehkan membuka kegiatan belajar mengajar di sekolah,” tuturnya.

Menurutnya, kembali dibukanya aktifitas sekolah dengan menerapakan protokol kesehatan sangat efektif untuk pendidikan bagi siswa-siswi di tengah pandemi. “Jika dibuka, tentu kita perketat penerapan protokol kesehatan. Setiap siswa yang masuk sekolah harus menggunakan masker, kemudian mencuci tangan saat masuk di halaman sekolah, masuk kelas juga harus cuci tangan. Jarak duduk kita atur dan setiap siswa harus bawa makanan dari rumah,” tutupnya. (ndi/zip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.