Boltim Pecah Satu PDP

0

KLIK24.ID – Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) warga Kecamatan Tutuyan, tengah menjalani perawatan intens di Rumah Sakit (RS) Prof Kandou, Manado. Wanita berusai 45 tahun yang diketahui memiliki riwayat penyakit penyerta tersebut ditetapkan PDP setelah berobat di RS Prof Kandou.

Hal ini dikatakan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Boltim, Eko Marsidi. Ia mengaku, satu warga Boltim kini berstatus PDP tengah menjalani perawatan di RSUP Prof Kandou. “Informasi, kemarin sore pasien dirujuk ke RS Prof Kandou. Kemudian, berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, pasien mempunyai gejala-gejala seperti serangan Covid-19. Dan tadi malam sudah diambil sampel lendir untuk dilakukan Swab tes. Kemungkinan Senin depan hasilnya sudah ada. Semoga, hasilnya negatif,” urainya.

Ia menjelaskan, berdasarkan pemeriksaan tim medis RSUP Prof Kandou, pasien menderita Hipertensi, Pneumonia dan masalah pada ginjal. “Memang pasien memiliki penyakit bawaan. Sehingganya, harus mendapat perawatan intens dari tim medis,” ungkapnya.

Lanjutnya, saat ini tim surveilans melakukan penelusuran jejak kontak pasien. “Untuk saat ini jejak kontak sementara empat orang masing-masing, kontak erat berat dan ringan.
Ia mengatakan, status PDP tidak perlu membuat panik masyarakat, melainkan meningkatkan kewaspadaan terutama tetap menjaga jarak dan tidak beraktifitas di lingkungan banyak orang. “Jangan panik, hanya kita tingkatkan kewaspadaan. Banyak berdiam diri di rumah. Jangan keluar rumah jika tidak ada hal yang mendesa. Kemudian, jaga jarak atau tidak melakukan kontak langsung dengan orang. Budayakan, cuci tangan dan hidup bersih serta mengkonsumsi makanan yang bergizi,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Sehan S Landjar mengimbau, masyarakat mematuhi anjuran pemerintah yakni berdiam diri di rumah dan jaga jarak. “Mari kita sama-sama meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19. Untuk sementara, kita masih menunggu hasil Swab dari Makassar. Muda-mudahan negatif,” harap Eang–sapaan akrab bupati–. (ndi/har)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.