Bawaslu Boltim: Verfak Syarat Calon Seluruh Kandidat Sesuai Prosedur

0
Susanto Mamonto

KLIK24.ID — Pengawasan tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati (pilbup) Boltim terus dilakukan Badan Pengawas Pemilihan Umum Bawaslu (Bawaslu) Boltim.
Belum lama ini, Bawaslu Boltim melakukan pengawasan verifikasi faktual (Verfak) syarat calon seluruh kandidat, yang mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boltim.
Pimpinan Bawaslu, Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga (Hubal), Susanto Mamonto. Ia menuturkan, pihaknya telah mengawasi rangkaian pemeriksaan kesehatan para kandidat, hingga verfak syarat pencalonan dan syarat calon seluruh kandidat. “Semua kita lakukan pengawasan. Dan sejauh ini, semuanya sesuai prosedur,” tuturnya.
Menuruntnya, hingga saat ini belum ada temuan terkait syarat calon yang tidak memenuhi syarat. “Jika ada yang tidak sesuai maka sudah kita tindaklanjuti, namun sampai saat ini semua berdasarkan ketentua. Dan semua tahapan kita lakukan pengawasan,” terangnya.
Sementara itu, Pimpinan Bawaslu Boltim, Kordiv Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S), Hariyanto menjelaskan, Bawaslu Boltim belum menemukan ketidaksesuaian syarat calon dab syarat pencalonan yang diserahkan ke KPU dan saat dilakukan verfak. “Untuk saat ini seluruh syarat pencalonan dan syarat calon kandidat Pilbup masih aman. Semua sesuai ketentua. Jika ada temuan tentu sudah kita proses,” tambahnya. (ndi/zip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.