Terus Melaju, Bolsel Kembali Raih Universal Health Coverage (UHC) di Tengah Pandemi Covid-19

0
42
Penandatanganan Kerjasama antara Pemda Bolaang Mongodow Selatan  dan BPJS Kesehatan.

KLIK24.ID – Masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan saat ini patut bersyukur dan bernapas lega, karena Pemerintah Daerah Bolaang Mongondow Selatan saat ini telah menandatangani perjanjian Kerjasama Universal Health Coverage bersama BPJS Kesehatan untuk memberikan Jaminan Kesehatan penduduk Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan  yang tidak mampu dan belum terdaftar menjadi peserta Jaminan Kesehatan -Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Dilaksanakan di Kantor Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Senin 21 September 2020,Bupati Bolaang Mongodow Selatan telah menandatangani Perjanjian Kerjasama bersama BPJS Kesehatan, dengan jumlah penduduk saat ini  yang didaftarkan ke program JKN-KIS   sebanyak 69.127 Jiwa atau 96%  dari jumlah  penduduk 71.533 Jiwa.

Sekretaris Daerah Bolaang Mongondow Selatan, Marzanzius Arvan Ohy, mengatakan Penandatanganan Kerjasama antara Pemda Bolaang Mongodow Selatan  dan BPJS Kesehatan adalah bentuk kehadiran Pemda dalam melaksanakan amanat undang-undang yaitu melindungi segenap masyarakat Indonesia melalui Program JKN -KIS. Pencapaian UHC merupakan prestasi atas kerja keras kita semua untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bolaang Mongodow Selatan.

“Selain mendukung program Strategis Nasional Pemerintah, kerjasama ini merupakan bentuk kehadiran dan komitmen  Pemda Bolsel dalam melaksanakan amanat undang – undang  yaitu untuk memberikan perlindungan kesehatan melalui Program JKN-KIS, semoga dengan kerjasama ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan yang merata dan adil, “tegas marzanzius.

“Meskipun di tengah keterbatasan anggaran akibat pandemi covid-19, Bapak Bupati tetap memprioritaskan penyediaan anggaran Jaminan Kesehatan bagi masyarakat Bolaang Mongondow selatan,” sambung marzanzius.

“Kami juga  terus berupaya untuk meningkatkan pemenuhan tenaga kesehatan, komptensinya  dan kompetensinya  dan sarana dan prasarana disemua fasilitas kesehatan, baik rumah sakit maupun puskesmas diwilayah Bolsel, agar masyarakat benar -benar merasakan layanan kesehatan yang berkulaitas,”tambah marzanzius.

Ditemui disela – sela kegiatan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan cabang Tondano, Erfan Chandra Nugraha menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongodow Selatan yang telah menambah kepesertaan penduduknyaknya ke Program JKN- KIS sehingga tercapai minimal 96 % per 1 oktober 2020 hal ini tentu berkat dukungan dan komitmen yang kuat Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dalam menyukseskan program negara melalui Program JKN –KIS sesuai regulasi.

“Momentum Ini tentunya menjadi sangat strategis karena ini adalah bukti nyata hadirnya Pemerintah Daerah  dalam sebuah komitmen  bersama BPJS Kesehatan melalui Integrasi penduduknya ke JKN – KIS, kami mngucpakan terima kasih dan apresiasi kepada Pemda Bolsel atas dukungannya untuk menyukseskan Program JKN-KIS,” tambah Erfan.

Selain penandatangan kerjasama Universal Helath Coverage juga dilaksanakan  penandatanganan surat penunjukan Integrasi Kepesertaan Kepala dan Perangkat Desa dalam Jaminan Kesehatan Nasional  dan  saat ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Bersinergi dengan BPJS Kesehatan dalam pendaftaran Kepala dan perangkat desa se-Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.