Pilbup Boltim-Bolsel, Semua Berkas Diterima

0

KLIK24.ID – Tiga pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati (wabup) dipastikan bertarung di Pilkada Boltim, setelah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boltim.

Pasangan calon bupati dan cawabup, Sam Sahcrul Mamonto (SSM) dan Oskar Manoppo (OPPO) mendaftar lebih awal pada hari pertama dibukannya tahapan pendaftaran 4 September. Sementara, paslon Amalia RS Landjar (ARSL) dan Uyun K Pangalima (UKP) serta paslon Suhendro Boroma (SB) dan Rusdi Gumalangit (RG) mendaftar pada hari ke dua tahapan pendaftaran paslon.

SSM-OPPO diusulkan tiga partai politik (parpol) masing-masing, Partai NasDem, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan total kursi parpol pengusul lima kursi. Kemudian, paslon bupati dan wabup ARSL-UKP diusulkan empat parpol pengusul yakni, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, Partai Demokrat dan Partai Gerindra, dengan total kursi parpol pengusul 10 kursi. Sementara, pasangan SB-RG diusulakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Perindo dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan total kursi parpol pengusul lima kursi.

Berkas syarat pencalonan dan syarat calon memenuhi syarat dan diterima untuk dilakukan verifikasi dokumen pendaftaran oleh KPU Boltim.

Komisioner KPU Boltim, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Abd Kader Bachmid mengatakan, rangkaian tahapan pendaftaran paslon bupati dan wabup Boltim di KPU, telah ditutup 6 September pukul 24-00 wita. “Pendaftaran paslon bupati dan wabup untuk pemilihan bupati dan wabup (pilbup) Boltim, di KPU sudah di tutup. Pendaftaran hanya tiga hari yakni mulai 4 hingga 6 September,” tuturnya.

Ia menyebutkan, pihaknya telah menerima dokumen syarat pencalonan dan syarat dari calon tiga paslon. “Tiga paslon sudah menyerahkan dokumen syarat pencalonan dan syarat calon. Dan semua kita terima untuk dilakukan verifikasi faktual, setiap item dokumen yang telah diserahkan paslon kepada KPU Boltim. Setelah tahapan pendaftatan, seluruh paslon mengikuti pemeriksaan kesehatan mulai esok (Senin) 7 September hingga 11 September,” ujarnya.

Sementara di Bolsel, ada dua pasangan calon yang mendaftar. Sejak dibukanya, pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Bolsel, pada tanggal 4-6 September kemarin oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pasangan Iskandar Kamaru S Pt – Deddy Abdul Hamid (BERKAH) dan Pasangan Riston Mokoagow – Selvia Van Gobel (RISKI), resmi telah mendaftarkan diri dan siap bertarung pada 9 Desemner mendatang.

Pada hari pertama, pembukaan pendaftaran di KPU Bolsel, Pasangan BERKAH datang diantar ratusan massa pendukung yang menggunakan baju merah dan putih. Pasangan ini, juga diketahui didukung oleh Partai Perindo dan Gerindra.

Sesampainya, di kantor KPU Bolsel, Kamaru meminta agar semua pengunjung menanti di luar KPU guna menaati protokol Covid-19.

Ketika diwawancarai sejumlah awak media, Kamaru mengaku jika ia memilih mendaftar di hari pertama karena sudah siap.

“Intinya kami sudah siap dari jauh hari. Jadi kami pilih mendaftar dihari pertama,” kata Kamaru.

Usai melakukan pendaftaran, Kamaru melakukan konfrensi press.

“Alhamdulillah, kami sudah selesai melakukan pendaftaran dan berkas kami pun sudah dinyatakan lengkap oleh KPU Bolsel,” tuturnya.

Di hari kedua pendaftaran, KPU Bolsel kembali menerima Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati (wabup) Bolsel, yaknj Pasangan Riston Mokoagow dan Selviah Van Gobel (RISKI), yang diusung PAN, Nasdem, Golkar dan PKB ini resmi mendaftar di KPU Bolsel dengan diwakili LO, Ketua Parpol dan Sekretaris Parpol pengusung.

Berkas pendaftaran pasangan, RISKI diserahkan oleh Jamaludin Razak selaku LO dan diterima langsung Ketua KPU Bolsel. Saat proses penelitian, kelengkapan dan keabsahan persyaratan pencalonan dan peneilitian kelengkapan persyaratan calon, KPU melakukan komunikasi langsung dengan Pasangan RISKI via Video Call WhatsApp yang disambung dengan pengeras suara (microphone).

Dari pihak KPU, Fijey Bumulo mengkonfirmasi kepada Riston dan Selviah soal keabsahan berkas, seperti nama, tanggal lahir dan keabsahan tandatangan (di atas materai) keduanya yang tertera di berkas pendaftaran yang diterima oleh KPU.

Baik Riston maupun Selviah membenarkan bahwa berkas itu asli dan dibuat atas persetujuan mereka. Berdasarkan hasil penelitian, pendaftaran (pasangan RISKI) diterima. Persyaratan Pencalonan lengkap dan memenuhi syarat.

Sementara itu, Ketua KPU Bolsel Stanly Eskolano Kakunsi mengatakan berkas pasangan Berkah yang diusung PDIP, Perindo, Gerindra, dinyatakan memenuhi syarat. “Untuk pasangan Berkah sudah memenuhi syarat,” kata dia.

Selanjutnya, para calon pasangan akan menjalani tes kesehatan mulai 7 hingga 11 September 2020. Untuk tanggalnya, kami serahkan ke masing-masing calon,” jelasnya.

Selain itu, untuk berkas pasangan RISKI juga dinyatakan lengkap. “Persyaratan calon pasangan RISKI juga lengkap,” tukasnya.(ndi/wid/har)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.