Pembelian Pupuk Bersubsidi, Petani Harus Masuk RDKK

0
76
Marwan Makalalag

KLIK24.ID — Para petani di Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), harus masuk Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) untuk pembelian pupuk bersubsidi. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Bolsel, Marwan Makalalag, baru-baru ini.

Menurutnya, dalam proses pembelian pupuk bersubsidi bisa dengan cara manual. Namun, yang menjadi catatan, data petani harus masuk dalam RDKK. Sehingga, bisa mempermudah dalam proses pembelian pupuk.

“Jika dalam kelompok tani (Poktan) ada anggotanya yang belum masuk dalam RDKK, otomatis belum bisa menebus pupuk bersubsidi. Untuk data 2021, sementara di Bolsel yang masuk itu ada 175 RDKK di tujuh Kecamatan,” kata Marwan.

Dijelaskannya, poktan harus membuat rekomendasi data petani kepada Petugas Penyuluh lapangan (PPL) untuk dimasukkan ke RDKK. Sehingga, poktan atau petani dapat melakukan pembelian pupuk bersubsidi.

“Kios sudah menyediakan pupuk bersubsidi. Namun, harus memenuhi beberapa persyaratan seperti, membuat permohonan pengajuan pupuk di ketua poktan, foto lahan yang akan ditanami dan nama pemohon ada di RDKK,” terangnya.

Lanjutnya, penebusan pupuk bersubsidi mulai dari pemberkasan harus sudah lengkap. Nantinya, koordinator wilayah (korluh) akan membuat surat rekomendasi untuk penebusan pupuk di kios.

“Nah, untuk kuota di tahun 2021 ini, pupuk Urea 84 Ton, SP-36 10 Ton, NPK 36 Ton, ZA 10 Ton dan Organik 1 Ton. Jadi, petani dalam penebusan pupuk bersubsidi di kios pengecer, harus terdaftar di RDKK dan pupuk yang masuk ke Bolsel ini sesuai dengan kuota dari Provinsi,” jelasnya.

Tambahnya, hal ini sesuai dengan keputusan Dirjen sarana prasarana pertaninan nomor 01/KPts/RC.210/B/01/2021, tentang pedoman teknis pengelolaan pupuk bersubsidi Tahun 2021.

“Pada intinya penebusan pupuk bersubsidi berbasis E-RDKK,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.