Tim Gerak Cepat Dinkes Bolmut Layani Ratusan Warga Terkena Dampak Banjir di Bolsel

0

 

Beri pelayanan kesehatan kepada warga terkena dampak banjir di Bolsel. (Foto Dinkes Bolmut)

KLIK24.ID -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Utara melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmut mengirim Tim Gerak Cepat (TGC) tenaga medis dan paramedis di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Tim ini merupakan instruksi langsung oleh Bupati Bolmut Depri Pontoh, wakil Bupati Amin Lasena, Sekda Bolmut Asripan Nani. Selanjutnya tim dibentuk oleh kadis kesehatan Jusnan Mokoginta sekaligus memimpin.

Tim kesehatan dalam membantu warga terkena banjir dan longsor dikordinir oleh Kepala Bidang (Kabid) pelayanan kesehatan dan Farmalkes Dinkes Bolmut Sofian Mokoginta. Dan beberapa kepala puskesmas di Kabupaten Bolmut.

Berangkat dari Bolmut  27 Juli pukul 21.00 Wita sampai di Kabupaten Bolsel tanggal 29 Juli 21.00 Wita dengan melalui jalan Tonsile yang bisa dilalui setelah menunggu puluhan Jam akibat beberapa ruas jalan tertutup longsor.

Asisten I bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat pemkab Bolsel Rambli Abdul Majid mengatakan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pemerintah daerah Kabupaten Bolmut. “Atas segala bantuan dan support yang saat di butuhkan oleh masyarakat Kabupaten Bolsel yang terkena Bencana Banjir dan Longsor,”ujarnya.

Sementara itu Kadis kesehatan Bolsel Dr Sadli Mokodongan mengatakan terkait desa lokus pelayanan kesehatan yang terkena bencana banjir. “Lokusnya di Wilayah Desa Mataindo dan Desa Tobayagan Kecamatan Pinolosian Tengah,”tuturnya.

Selanjutnya menurut kadis kesehatan Bolmut Jusnan Mokoginta melalui kabid pelayanan kesehatan dan Farmalkes Sofian Mokoginta mengatakan pada 30 Juli hari ini sebelum menuju lokasi pemeriksaaan kesehatan. “Kami menyerahkan bantuan obat-obatan ke pemda Bolsel dalam hal ini Dinas Kesehatan,”tuturnya.

Lanjutnya pelayanan kesehatan dilaksanakan kepada masyarakat terkena bencana banjir. “Dimana hasil pelayanan kesehatan pada korban bencana banjir berjumlah 189 orang. Dimana di ddsa Mataindo 112 orang atau pasien dan desa
Tobayagan 77 orang,”jelasnya.

“Paling banyak keluhan dari pasien yaitu gatal gatal, batuk Beringus, serta dari data pemeriksaan penyakit tidak menluar, hipertensi dan kolesterol menjadi dominan pada saat pemeriksaan,”tambahnya.

Selain pemeriksaan secara umum tim TGC Dinkes Bolmut  juga melakukan pemeriksaan kesehatan pada usia lanjut. Sebelumnya juga melakukan penyuluhan kelompok dimasa dan pesan pesan masa  Pandemic Covid19 ini. “Yaitu tetap menjaga kebersihan diri dan  lingkungan dengan selalu mencuci tangan dia air mengalir, menggunakan kasker, tetap menjaga Jarak dan mengkonsumsi makanan bergizi,”ungkapnya.

Selain memeberikan pelayanan kesehatan, tim TGC juga membawa beberapa bantuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.