Isi Libur Natal dan Tahun Baru ke Pulau Kramat Pinogaluman. Ternyata Ada Cerita Mistisnya

0
POTRET: Pulau Kramat di Kecamatan Pinogaluman Bolmut. (Foto Kiriman MTMR)

KLIK24.ID – Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) pulau keramat bisa menjadi destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Pulau yang terletak di desa Buko, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolmut ini diakui orang disana dan pengunjung memiliki cerita mistis.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua My Trip My Rumolako (MTMR) Lan Datukramat
dikatakannya lokasi pulau ini memiliki kuburan kramat. “Di kubur tersebut menurut cerita masyarakat barang siapa yang menancapkan kayu atau lidi dan jika lidi bertambah panjang katanya yang menancapkan akan umur panjang menurut cerita disana,” jelasnya.

“Pas kami sampai pada kunjungan beberapa waktu lalu banyak lidi yang tertancap di kuburan tersebut,” tambahnya.

Selain itu, sejarah dinamkan pulau kramat dahulu kala ada sepasang suami istri pergi berlayar dengan layar yang terbuat dari tikar. “Dan pangayung dari sondo nasi. Kemudian terdampar di pulau ini. Dan sudah tinggal dipulau ini sehingga dinamakan pulau kramat,” ujarnya.

Lokasi ini sudah ada tangga dan memiliki empat buah gajebo. Jadi enak buat santai. “Untuk mengunjungi lokasi ini kalau air turun bisa jalan kaki dan kalau air naik bisa naik perahu,” tuturnya.

Ditanya jika mengunjungi lokasi ini apakah membayar, Datukramat menuturkan tidak hanya biaya perahu. “Harganya bisa didiskusikan bersama. Tapi biasanya pulang pergi untuk satu orang 10 ribu,” jelasnya. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.