Bolmut Butuh Sekitar 500 APD

0

tim Dinkes Bolmut saat melakukan penyemprotan disinfektan. (Foto Dinkes Bolmut)

 

KLIK24.ID -Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) saat ini membutuhkan sekitar 500 Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid 19.

 

Pihak dinas kesehatan kabupaten Bolmut melalui Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Aly Dumbela mengatakan untuk kebutuhan APD fleksibel. “Saat ini kami butuhkan sekitar 450 lebih, tapi itu tergantung perkembangan kasus,”jelasnya.

 

“Saat ini Pemda melakukan pengadaan sendiri APD sekitar 300,”tuturnya.

 

Sementara itu dilansir dari Zonautara.com Juru bicara Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara Steaven Dandel mengatakan, Sulawesi Utara membutuhkan ribuan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga kesehatan yang bertugas di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Sulut.

 

“Kita butuh sekali. Kita mendapat bantuan dari pemerintah pusat, tapi dalam jumlah yang sangat terbatas. Kami proaktif meminta ke Kementerian Kesehatan,” ujar Steaven, Senin (23/3/2020) malam.

 

Steaven merinci kebutuhan APD di Sulut sekitar 44 ribu set. Kebutuhan itu untuk rumah sakit rujukan dan rumah sakit lainnya bahkan mempertimbangkan juga untuk Puskesmas.

 

Meski di Puskesmas bukan standar memakai baju APD lengkap, tapi kami mempertimbangkan, karena ada kemungkinan Puskesmas menerima pasien terkait corona atau orang dalam pemantauan,” jelas Steaven.

 

Menurut Steaven, pemerintah pusat memang sudah mengirimkan APD, tapi jumlahnya baru 150 set. Satgas Covid-19 Sulut kini sedang berupaya membeli sendiri APD agar bisa segera tersedia.

 

“Kita sudah bergerak kemana-mana membeli sendiri. Beberapa vendor sudah menyanggupi, mudah-mudahan minggu ini sudah dapat suplai yang memadai dan kita distribusikan ke teman-teman yang bekerja di garda terdepan,” kata Steaven. (Fan/Zonautara.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.