67 Orang Petugas Puskemas Motoboi Kecil Siap Divaksin

0
84
PERIKSA : Kepala Puskesmas Motoboi Kecil melakukan pemeriksaan kesiapan cold chain untuk menyimpan vaksin.

KLIK24.ID — Pasca disetujui oleh Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk penggunaan vaksin covid-19, Tenaga Kesehatan (Nakes) Kotamobagu khusunya di Puskesmas Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan, yang juga masuk dalam prioritas utama untuk divaksin langsung action untuk mematangkan proses persiapan vaksin.

Kepala Puskesmas Motoboi Kecil, Linda Mokodongan mengatakan, adapun persiapan yang dilakukan oleh pihaknya adalah dengan melakukan screening awal kepada seluruh nakes di lingkungan Puskesmas Motoboi Kecil.

“Sudah dua hari ini kita mulai melakukan screening awal. Yakni dengan melakukan pemeriksaan gula darah dan juga tekanan darah. Karena itu adalah syarat utama sebelum divaksin,” kata Linda, Selasa (12/01/2021).

Selain kesiapan fisik, lanjut Linda, pihaknya juga mulai mematangkan persiapan pelayanan vaksin kepada seluruh Nakes. Bahkan, persiapan pelayanan vaksin kepada masyarakat yang ada di wilayah kerja Puskesmas Motoboi Kecil.

“Kita sudah rapatkan tadi persiapannya. Mulai dari meja 1 itu petugas mengarahkan untuk cuci tangan dan dilanjutkan dengan pemeriksaan suhu tubuh. Kemudian lanjut ke meja 2 itu pendataan, meja 3 screening, meja 4 pemberian vaksin dan meja 5 itu pemberian edukasi terkait vaksin tersebut,” jelas Linda.

Adapun untuk persiapan tempat vaksin, sambung Linda, pihaknya saat ini telah menyediakan tempat untuk penyimpanan vaksin ketika mulai didistribusikan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

“Untuk vaksin sudah ada tempatnya. Bahkan sudah ada dari pihak kepolisian juga yang datang cek langsung tempat penyimpanannya,” tuturnya.

Ia berharap, dengan pemberian vaksin nanti, penularan covid-19 di Kotamobagu terlebih khusus Nakes yang ada di garda terdepan bisa dikendalikan.

“Kita semua Nakes Motoboi Kecil yang ada 67 orang. Antaranya tenaga medis 57 orang dan tenaga non medis 10 orang jadi total 67 orang petugas Puskesmas yang siap untuk divaksin,” pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.