Resmob Polresta Manado Ringkus Komplotan Curanmor

0
60
Para tersangka curanmor diamankan oleh pihak Polresta Manado

KLIK24.ID, MANADO – Unit Resmob Polresta Manado, berhasil mengamankan komplotan pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) beserta tujuh unit sepeda motor hasil curian, Selasa (12/7/2022).

Perihal tersebut dibenarkan Kabid Humas Kombes Pol. Kombes Pol. Jules Abast., terkait keberhasilan tim resmob Polresta Manado mengungkap komplotan pelaku curanmor.

“Komplotan pelaku terdiri dari tiga orang pria. Masing-masing berinisial, KS (27), warga Kawangkoan Minahasa, kemudian TP (25), warga Tinoor 2 Tomohon, dan CM (23), warga Touluaan Minahasa Tenggara,” ujarnya, Jumat (15/7),” ungkap Abast.

Tertangkapnya para pelaku menurut Jules Abast, bermula saat usai beraksi ditangkap mencuri satu unit sepeda motor Yamaha NMax milik Stevan (22), warga Tuminting Manado di wilayah Mahakeret Barat Manado, sekitar pukul 01:00 Wita. Minggu, (10/7/2022).

“Korban mengunjungi rumah temannya di Mahakeret Barat, lalu memarkirkan sepeda motor di pinggir jalan depan rumah tersebut. Beberapa saat kemudian saat korban akan memindahkan sepeda motor ke garasi rumah temannya, ternyata sepeda motor miliknya telah hilang,” jelas Abast.

Abast menjelaskan kronilogis penangkapan. Berdasarkan laporan korban yang merasa kehilangan sepeda motor miliknya, korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke SPKT Polresta Manado.
Laporan langsung ditangani unit resmob Polresta Manado dan langsung melakukan penyelidikan.
Usai melakukan penyelidikan dan mengantongi identitas dan keberadaan para pelaku, tim resmob langsung bergegas melakukan penangkapan ketiga pelaku di tempat berbeda.

“KS ditangkap di Malalayang Manado, kemudian CM ditangkap di Teling Manado, dan TP ditangkap di Tinoor Tomohon. Dari penangkapan ini kemudian diketahui bahwa komplotan tersebut telah beraksi di sejumlah TKP di wilayah Manado dan sekitarnya, beberapa waktu yang lalu,” jelas Abast.

Setelah ketiga pelaku ditangkap oleh tim Resmob, Abast juga mengatakan pemeriksaan dilanjutkan dengan melakukan pemeriksaan dan pengembangan. Dan alhasil, tim resmob berhasil mengungkap tujuh unit sepeda motor berbagai merek hasil curian dan temukan dibeberapa lokasi berbeda, salah satunya adalah milik korban Stevan.

“Dari tujuh unit sepeda motor hasil curian, empat unit ditemukan di Kalait Minahasa Tenggara, lalu tiga unit lainnya masing-masing ditemukan di Karimbow Minahasa Selatan, Dumoga Bolmong, dan Kiawa Minahasa. Ketiga pelaku beserta barang bukti lalu diamankan di Mapolresta Manado untuk diperiksa lebih lanjut, dan kasus ini masih dalam pengembangan,” kata Abast.

Terakhir Abats mengimbau warga masyarakat, agar lebih waspada saat memarkirkan kendaraan bermotor. Mengingat seringnya terjadi kasus curanmor.

“Gunakan kunci ganda. Parkirkan kendaraan di tempat yang mudah terpantau dan ada penerangan yang cukup, khususnya saat malam hari. Ini demi mencegah terjadinya pencurian,” imbau Abast. (DM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.