Suara Pulau Foundation Bersama Forum Hijau dan Walacea, Dalam Explore Coral Reef, Lirik Wisata Bahari Boltim

0
76

Klik24,id.Bolmong – Setelah selesai mengamati Ekosistem jenis terumbu karang, dan sebarannya di sekitar Pulau tiga, Kecamatan Sangtombolang Bolaang Mongondow (Bolmong), kali ini sekelompok pemerhati yang tergabung dalam Explore Coral Reef, berencana melanjutkan explorasinya di sektor wisata Bahari Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Walaupun hanya mengambil waktu sekitar dua hari itu, akhirnya para penyelampun berhasil mengumpulkan data dan berhasil mendokumentasikan momen berharga tersebut, Senin (14/3/2022).

Csabah Sellei, salah satu instruktur Professional Association of Diving Instructors (PADI) terbesar di Dunia, mengatakan ada beberapa tempat sebaran terumbu karang yang masih bisa di nikmati di pulau tiga, namun kondisi waktu yang terbatas sehingga mereka belum bisa menjelajahi semua hamparan karang yang ada.

“Masih ada banyak terumbu karang yang bisa dinikmati disini, walaupun memang ada banyak yang sudah hancur karena ulah manusia sehingga perlu dilakukan Transplantasi terumbu karang, jika ingin mengembangkan wisata bawah lautnya.”Ucapnya

Dia juga mengaku berencana akan kembali lagi ke pulau tiga, guna melanjutkan eksplorasinya. dia juga sempat menyinggung jalur Ikan Hiu yang di temuinya.

“Saya akan balik, ingin mendokumentasikan momen bersama Ikan Hiu itu, karna saya tau persis dimana jalurnya,”beber seorang Dive Master berkebangsaan Hongaraia.

Ditempat yang sama Owen Tap, yang juga seorang intstruktur profesional dan folunter Suara pulau, mengatakan kalau dalam waktu dekat, dia juga berencana melakukan eksplorasi wisata bawah laut, yang berada di Bolaang Mongondow Timur (Boltim) jika pemerintahnya dalam hal ini Dinas Pariwisata (Dispar) berkenan mendukung kegiatan mereka.

“Kami punya data potensi bawah laut yang ada di Boltim, diantaranya Pulau nanas dan Laga dan itu perlu kita lihat lansung untuk diambil datanya, agar pesonanya bisa kita rekomendasikan keteman teman wisatawan, apabila pemerintahnya berkenan kita akan kesitu,”Pungkas Owen.

Yayasan Suara Pulau sendiri diketahui bekerja sama dengan banyak relawan dari berbagai belahan dunia, bahkan seorang musisi dari group papan atas di tanah air, Kaka Slank merupakan salah satu dari Duta Suara Pulau, yang sering hadir dalam kegiatan yang bertajuk lingkungan dan Pariwisata.

Terpisah Kadispar Boltim Eko Marsidi, lewat whatsapp pribadinya mengatakan,kalau pihaknya akan sangat mendukung kegiatan tersebut, jika nanti akan di agendakan di Boltim.

“Pada prinsipnya kami mendukung sepenuhnya semua kegiatan dalam upaya memajukan pariwisata, khususnya di Boltim,”Jelas Eko

Apalagi menurut Kadispar Eko, Boltim punya destinasi wisata bawah laut yang mampu bersaing dengan daerah lain.

“Boltim punya destinasi wisata bawah laut yg bisa bersaing dgn daerah lain di indonesia, diantaranya, wisata bawah laut pulau racun, pulau laga, pantai Timur dan tanjung buaya,” tambah Mantan Kadis Kesehatan itu.

Adapun sekelompok pemerhati yang tergabung dalam Explore Coral Reef diantaranya, Csaba Sellei Salah satu instruktur PADI, OwenTap Suami dari Ulvah Take, pemilik yayasan Suara Pulau Foundation, Jemy lambaihang Dive Master dari Tangkoko, Green Bamboo Paradise, Arman Sani Ketua BMR Forum Hijau bersama Anggota, Deny Tereima, dan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Walacea, Mario Mifta Marendes, Farly Sampow, Andi Kasimin.(Bas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.