Komisioner KPU-Bawaslu Ditetapkan

0
64

KLIK24.ID, JAKARTA – Komisi II DPR telah menetapkan nama-nama anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) periode 2022-2027. Keputusan ini ditetapkan dalam rapat pleno pada Rabu malam, 16 Februari 2022.

Rapat tersebut dilaksanakan setelah selesainya proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test kepada para calon anggota yang terakahir dilaksanakan hari ini. Uji kelayakan dan kepatutan telah dilaksanakan sejak Senin, 14 Februari 2022 oleh Komisi Pemerintahan.

Wakil Ketua Komisi II dari Fraksi Partai NasDem, Saan Mustopa, yang menjadi pimpinan rapat uji kelayakan dan kepatutan terakhir, sempat menskors jalannya sidang pada pukul 22.43 WIB untuk mempersiapkan rapat pleno Komisi II.

“Siapa yang akan memilihnya nanti hasil rapat internal. Dengan demikian kita skors 15 menit, cukup? Saya skors 15 menit,” ujarnya sambil mengetuk palu sidang.

Selanjutnya, pada pukul 01.18 WIB, Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia baru mencabut skorsnya. Para anggota DPR Komisi II telah melakukan pemilihan dengan mekanisme tanpa voting dan terpilihlah tujuh anggota komisioner KPU beserta lima anggora Bawaslu untuk lima tahun mendatang.

“Menjadi satu setengah jam itu menunjukkan bahwa memang ternyata tidak mudah untuk mencari yang terbaik. Kita melalukan proses dialog, dialektika, sampai pada perdebatan,” ujarnya.

Berikut ini daftar nama pimpinan baru kedua lembaga penyelenggara Pemilu tersebut:

KPU
1. Betty Epsilon Idross,
2. Hasyim Asy’ari
3. Mochamad Afifuddin
4. Parsadaan Harahap
5. Yulianto Sudrajat
6. Idham Holik
7. August Mellaz

Bawaslu
1. Lolly Suhenty
2. Puadi
3. Rahmat Bagja
4. Totok Haryono
5. Herwyn Jefler Malonda

“Dengan demikian alhamdulullah setrlag hari keempat tanggal 17 dini hari kita sudha bisa menyelesaikan semua proses seleksi calon anggota kpu dan bawaslu masa jabatan 2022-2027,” tegas Doli.

Tujuh anggota KPU baru ini mengalahkan calon lain, yaitu: Dahliah, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Iffa Rosita, Lalu Iwan Rompo Banne, Muchamad Ali Safa’at, Viryan, dan Yessy Yaty Momongan.

Sementara itu, lima nama anggota Bawaslu yang baru terpilih tersebut mengalahkan nama-nama calon lainnya, yakni: Aditya Perdana, Andi Tenri Sompa, Fritz Edward Siregar, Mardiana Rusli, dan Subair. (fap/tc)

 

 

*Artikel ini disadur dari situs tempo.co

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.