UD Arya Krisna Kembangkan Usaha Kerajinan Tangan

0
50
UKM : I Made Mangku memperlihatkan salah satu kerajinan tangan yakni ukiran yang baru dibuat. (F : Klik24.id)

Klik24.id, KOTAMOBAGU – Usaha Dagang (UD) Arya Krisna milik I Made Mangku, warga di Desa moyag Tampoan, Kotamobagu Timur, merupakan salah satu pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang terus meningkatkan usahanya.

Meski ditengah tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19, namun Arya tetap semangat mengembangkan kerajinan aneka papan nama. Selain itu, dirinya membuat membuat aneka kaligrafi dari bahan kayu.

Berbekal keahiannya, pria asal Bali ini bisa mendatangkan pendapatan dari keterampilan membuat kaligrafi yang mumpuni, terus menjalankan usahanya.

Selain membuat usaha dari kayu bekas juga dari batok kelapa, di sulap menjadi bermacam-macam kerajinan tangan yang kemudian dijadikan sebagai sumber penghasilan.

Ia mengungkapkan, memiliki keterampilan tersebut bukan semata-mata datang sendiri. “Awalnya, saya ikut pelatihan yang diselenggarakan Pemerintah Kotamobagu melalui Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan tahun 2019 lalu, setelah mengikuti pelatihan itu, saya mencoba memulai usaha ini dan sampai sekarang masih berjalan lancar, ” Ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, saat ini telah memproduksi kerajinan tangan dari batok kelapa dan sisa kayu seperti mangkok, gelas, toples,teko, aksesoris, soevenir, kaligrafi, papan nama, dan hiasan lainnya.

Sebelumnya Ia telah menjalani usaha olahan gula semut dari pohon arena, juga usaha makanan lain berupa keripik dari ubi. Bahkan pembuatan usaha lainnya seperti kaligrafi dengan berbagai aneka bentuk tulisan arab, serta lainnya tetap dijalankan.

I Made sendiri mengatakan bahwa hasil kerajinan yang dia produksi sudah dipasarkan hingga ke Manado.  Ia berharap agar pemerintah mendukung ide kreatifnya tersebut agar pemasaran produk tersebut menjangkau daerah yang lebih luas. (tr-1)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.