Poktan Boltim Dapat Pinjaman Dana

0
25
Mat Sunardi (Kepala Dipertanak Boltim)

Klik24.id, BOLTIM — Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Boltim, bakal menseriusi produktifitas pertanian di Boltim melalui program Agro Solution.

Demikian dikemukakan, Kepala Dispertanak, Mat Sunardi. Ia mengaku, dalam waktu dekat pihaknya akan mengundang pihak terkait, dalam pengembangan Agro Solution.

“Kemungkinan pekan depan kami akan mengundang pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI), Pupuk Indonesia, distributor pupuk di Boltim dan para petani. Undangan ini dalam rangka membicarakan kerjasama dalam bentuk pinjaman Kelompok tani (Poktan) sekaligus penyerahan data pemilik lahan dan luasan,” jelasnya, kepada wartawan HBMR, Rabu (3/11).

Menurutnya, program tersebut merupakan bagian dari dorongan pemerintah, untuk meningkatkan hasil panen petani dengan pengelolaan pertanian secara profesional.

“Kita upayakan tahun ini programnya sudah jalan. Supaya, petani secepatnya merealisasikan program tersebut. Selaras dengan apa yang diharapkan oleh pihak Pupuk Indonesia, sebagai penggagas program Agro Solution. Mereka ingin program ini secepatnya terlaksana,” urainya.

Ia mengaku, Poktan di beberapa desa kini sudah usulan seperti, para petani sawah di Kecamatan Kotabunan. Kemudian, petani jagung di Desa Dodap, kecamatan Tutuyan. Terkait target Poktan yang akan didaftar, ia mengaku, belum bisa menyebutkan jumlah kelompok lantaran program tersebut terkait pinjaman yang akan dikembalikan.

“Kita tidak bisa memaksakan petani, agar tidak terjadi multi tafsir. Dinas kok paksa padahal kita nda’ mau. Modelnya adalah data identifikasi sanggup,” ujarnya. (tr-2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.