Nursiwin Sosialisasikan Dua Perda Inisiatif DPRD Sulut

0
22
Sosialisasi dua perda yang digelar Nursiwin Dunggio salah satu Anggota DPRD Sulut.

Klik24.id, BOLTIM — Anggota Legislatif (Aleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Nursiwin Dunggio, menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda), Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 dan Perda Nomor 2 Tahun 2021 tentang Fakir Miskin dan Anak Terlantar.

Menurut Nursiwin, sosialisasi dua perda merupakan mekanisme dalam pembentukan prodak hukum, agar masyarakat bisa memahami isi perda yang baru dibuat.

“Dua Perda ini telah melalui berbagai proses. Mulai pembahasan hingga penetapan. Kini kita sosialisasikan agar diketahui masyarakat,” terang Nursiwin.

Menurutnya, khusus Perda tentang Prokes Covid-19, mengatur tentang perlindungan kepada masyarakat dengan memerangi penyebaran Covid-19.

“Kita harapkan masyarakat peserta sosialisasi dapat meneruskan informasi tentang Perda ini ke masyarakat lainnya,” tutur Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Sementara itu, pemateri Gelendy Rumengkewas menambahkan, terkait Perda tentang Penegakan Prokes adalah mengatur perorangan maupun pelaku usaha dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

“Diatur pula di Perda ini tentang ragam sanksi mulai dari sanksi administrasi hingga pidana,” jelasnya.

Prodak hukum ini bertujuan mengatur aktivitas masyarakat dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Sedangkan, pemberian sanksi dilakukan secara bertahap.

“Untuk perorangan ada teguran lisan atau tertulis, kerja sosial dan denda administratif. Sedangkan untuk pelaku usaha ada teguran lisan atau tertulis, denda, penghentian sementara kegiatan dan atau rekomendasi pencabutan izin usaha,” pungkas dia.

Sekadar diketahui, kegiatan sosialisasi digelar di Desa Togid, Kecamatan Tutuyan, dihadiri sekira 50 peserta sosialisasi yang merupakan perwakilan dari seluruh desa di Kecamatan Tutuyan. (tr-2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.