Disnakertrans Boltim Fasilitasi Keluhan Warga Transmigrasi Balukut

0
49
Irwan Kiay Demak (Kepala Disnakertrans)

Klik24.id, BOLTIM — Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Boltim menanggapi keluhan warga pemukiman Transmigrasi Balukut, Desa Motongkad Utara, Kecamatan Motongkad.
Warga transmigrasi mengeluhkan kurangnya fasilitas publik, seperti tenaga medis dan guru.
Menurut Kepala Disnakertrasn Boltim, Irwan Kiay Demak mengatakan, pemukiman Transmigrasi Balukut merupakan kewenangannya Pemerintah Provinsi Sulut.
Sehingga, Pemkab Boltim tidak bisa mengambil alih kewenangan dalam rangka menindaklanjuti keluahan warga Transmigrasi Balukut.
“Masih kewenangannya provinsi, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) belum bisa masuk ke situ. Kami sifatnya hanya sebatas koordinasi karena lokasinya masuk daerah kami namun pembinaannya masih kewenangan provinsi,” tutur irwan, Selasa (19/10).
Meskipun begitu, pemerintah daerah tetap melakukan upaya dalam rangka mengatasi persoalan warga Transmigrasi Balukut. Sebagai Instansi terkait, pihaknya telah mengusulkan pembangunan jembatan dan akses jalan ke Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
Atas usulan itu, Disnakertrans Boltim mendapat kucuran dana sebesar Rp6 miliar untuk peningkatan jalan di pemukiman Transmigrasi Balukut.
“Usulan langsung ke Kementerian berkisar Rp6 miliar dari dana APBN yang diusulkan melalui provinsi untuk peningkatan jalan dan jembatan tahun 2022,” ungkapnya.
Irwan menjelaskan, keberadaan petugas medis sempat ada pada 2020, namun pertengahan tahun petugas medis sudah tidak ada.
“Kami akan menyurat ke Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk permintaan tenaga medis,” terangnya.
Sementara, untuk memenuhi kebutuhan tenaga guru, pihaknya sudah berkonsultasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Boltim, untuk penempatan guru.
“Untuk penempatan warga di pemukiman transmigrasi Balukut, kami akan berusaha evaluasi. Jika tidak berhalangan, pada hari Kamis nanti akan ada pertemuan dengan warga untuk membahas hal itu. Semua permintaan akan kami tindaklanjuti,” tutup Irwan. (mg-46/dim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.